Cumi Cumi Goreng

Ada cara agar tepung nempel di cumi dan juga menjadi lebih empuk sbb:

1. cumi dipotong seperti cincin dan direndam pakai bumbu dulu ( bawang
putih, garam dan mrica )
2. celupkan cumi kedalam putih telur,
3. balurkan ke tepung terigu kering yang sudah diberi garam halus.
4. celupkan kembali ke putih telur.
5. bal;urkan lagi ke tepung terigu ( tepung terigu bisa diganti dengan
tepung roti )
6. siap deh digoreng.........
Pasti hasilnya seperti CALAMARI

Info :

Cumi-cumi memiliki kandungan air yg sangat tinggi dan dagingnya biasanya
langsung mengkerut/mengecil krn mengeluarkan air, hanya krn sedikit
perbedaan temperatur... apalagi dng digoreng misalnya.

Untuk bumbu, keterangan mbak Happy sdh cukup bisa meng-happy-kan, tapi
ada 2 hal praktis yg ingin saya tambahkan, yaitu:

1. Potongan cumicumi dilap kering pakai tissue dapur / lap khusus untuk
itu sebelum dimasukkan ke tepung.

2. Penggorengan dilakukan secara deep fry. Dng minyak banyak dan dalam
penggorengan dalam... spt yg biasa dipakai menggoreng tempura.

Setelah cumi dipotong direndam dengan Jeruk Nipis
..............Ok.........lalu cuci kembali

Cara Membuat :
1. 100/ 150 Gr. Terigu + Sagu 50 gram+ garam +lada halus dikit aja +
bawang putih yg sudah digiling halus ( capur menjadi satu)
2. Kocok 1 butir telur sampai lepas, lalu  masukkan potongan cumi satu
persatu kedalam telor,....angkat masukkan dalam campuran tepung tsb
sambil di remas2 agar cumi +tepung menyatu dengan telurnya.
3. Panaskan minyak goreng, setalh panas, masukkan satu persatu cumi yg
telah dilumuri tepung tsb, agak kuning diangkat dan siap utk dicocol
dengan sambal botol or  saos toma
4. Selamat mencoba kalau enak .... ingat2 aku ya.
CUMI SAOS PADANG

Bahan :

> Cumi 1/2 kg (dipotong menurut selera trus di goreng setengah matang
dg mentega , tiriskan. (pilih cumi yg gede)
> Sisa minyak bekas goreng tadi kita pake untuk bikin bumbunya.

 Caranya :

> [...]
> masukkan 10 siung bawang putih yang udah diiris  dan jahe yang udah
> dikeprok, tumis sampai keluar bau harumnya, Kecilkan api, trus,
> masukkan ke dalam wajan tadi,
> 3 sendok makan saus tomat ( 3 buah tomat asli juga boleh diiris tipis
> 2 sendok saus sambal (lebih enak pake merk belibis ), minyak wijen
> sedikit aja, lada halus , gula dan garam Satukan semua bahan dengan
> mengaduk hingga rata, setelah itu masukkan cumi yang udah digoreng
> tadi.
> Terakhir potong-potong daun bawang (sekitar 1,5 cm), trus campur ke

Listen to Internet Radio! Access to your favorite Artists!
Click to listen to LAUNCHcast now!
http://us.click.yahoo.com/_mKGzA/GARHAA/kkyPAA/iPMolB/TM