Mbak/ Mas Rini Surendro,

Sebetulnya teknologi pembuatan VCO ini sederhana. Di
Majalah Trubus edisi Juli dijelaskan beberapa teknik
membuatnya. Untuk sekala rumah tangga bisa berbekal
mixer kue sudah bisa untuk membuat VCO. Mixer ini akan
berfungsi sebagai centrifuge (kalau dalam skala
pabrik). Selain itu ada buku panduan yang baru
diterbitan FAO yag bisa dipakai untuk pedomon
pembuatan VCO, judulnya: Virgin Coconut Oil production
manual for micro and village scale processing.   Kalau
anda tidak mau repot membuat sendiri yah beli aja.

Setelah mencoba beberapa merk, setahu saya yang paling
bagus adalah merk Veco harganya Rp. 75 ribu/ setengah
liter. Saya biasa beli lewat teman sekantor yang
dititipi produk VCO tersebut (Hubungi Bu Tati:
5221712/ 13). Sayangnya tidak ada jasa delivery jadi
musti diambil dan hanya satu kemasan setengah literan.
Saya recomend Veco karena saya sudah mencobanya dan
saya tahu pembuatnya di Bogor menggunakan teknologi
IMC (Immediate Moisture Content). Dgn. teknologi ini
kelapa diparut, trus dikeringkan hingga kadar air
tingal 7-10% lalu dipress.

Produsen VCO di Indonesia mungkin belum menggunakan
cara membuat VCO kualitas A (no.1) yang paling efisien
sehingga harga VCO masih relatif mahal. Bandingkan
Pilipina yang bisa mengekspor VCO kualitas A dgn.
harga US$4/ perliter (sekitar Rp. 40 ribu rupiah).
Ketika saya tugas ke Manila tahun lalu sempat membeli
setengah liter VCO kualitas A harganya cuma 70 Peso
(sekitar Rp. 15 ribu rupiah).

Wasalam,

Muhartoyo

=== message truncated ===