Bercukur dibarengi dengan ngombrol dengan si tukang cukur adalah kebiasaan
yang selalu saya lakukan.

Suatu hari saat saya berkesempatan ke Rusia dan di sana saya bercukur,
kebiasaan untuk mengobrol dengan si tukang cukur juga saya lakukan.

Obrolan sersan (serius tapi santai) mulai dari kondisi ekonomi sampai ke
politik asyik kita diskusikan. Dan sampailah pada obrolan mengenai Tuhan.

Si tukang Cukur :
Di Rusia sangat biasa kita mendiskusikan perihal Tuhan. Apakah anda percaya
dengan Tuhan dan percaya akan keberadaannya.

Saya :
Tentu dan saya adalah seorang muslim yang percaya akan adanya Allah.

Dengan nada meremehkan dan sedikit mengejek
Si tukang Cukur :
Oooooh apapun sebutannya....., saya tidak percaya kalau Tuhan itu ada.

Lalu dia banyak berbicara bukti-bukti kalau Tuhan itu memang tidak ada.

Si tukang Cukur :
Kalau memang Tuhan ada kenapa masih banyak orang yang menderita, miskin,
sakit dan pesakitan-pesakitan lainnya di dunia ini. Bukannya Tuhan itu
adalah pemeliharan seisi dunia ini.
Kalau saya yang memiliki kemampuan seperti Tuhan, maka saya akan hapuskan
semua penderitaan yang ada di bumi ini.

Sambil terus mendengarkan ocehannya ....., saya juga terus berpikir dan
berdoa kepada Allah untuk segera dapat menjawab dan menyangkalnya.

Namun sampai dengan aksi cukurnya selesai saya belum juga mendapatkan
jawaban yang seharusnya saya berikan untuk menyangkalnya.

Selesai membayar si tukang cukur yang wajahnya menyimpan kemenangan atas
argumennya perihal Tuhan itu tidak ada. Saya pasrah dan meninggalkannya ke
pintu untuk keluar kiosnya.

Namun di saat itu saya melihat orang diluar kios dengan wajah yang sangat
berantakan, berambut gondrong tidak beraturan dan berjenggot panjang sangat
tidak rapih.

Seketika itu saya berbalik kembali ke si tukang cukur dan :

Saya :
Apakah ada tukang cukur di dunia ini ?
Saya tidak percaya kalau di dunia ini ada tukang cukur.

Si tukang Cukur :
Bagaimana mungkin ????, kamu baru saja merapikan rambut dan kumis di sini,
dan saya adalah tukang cukur.

Sambil mengajaknya ke luar kiosnya, saya mengatakan :
Kalau di dunia ini ada tukang cukur mengapa ada orang jorok seperti itu....,
rambut & jenggotnya panjang juga tidak terurus ?????

Si tukang Cukur :
[EMAIL PROTECTED]&[EMAIL PROTECTED]&*&)()&^^$%,

Dari saya
bdhandoyo.

Station