Keping Saus Malaysia, resep Mrs. Tan

Bahan:

   6 ekor kepiting

   2 sendok makan sagu

   Minyak sayur seadanya untuk mengoreng kepiting Bahan untuk saus:

   5-6  buah cabe merah (dibuang bijinya )

   1/4  batang daun bawang

   5 siung bawang putih ( dicincang halus)

   3 siung bawang merah ( dicincang halus)

   1 sendok makan tauco gilig

   100  gram cabe giling

   1/2  sendok teh kecap asin

   1 sendok makan air perasan jahe

   6 sendok makan gula

   6 sendok teh garam kasar

   3 sendok makan cuka aren

Cara membuatnya:

1. Kepiting dalam keadaan hidup dan terikat dibersihkan

   dengan sikat ,terutama bagian bawah perut.

   Lalu dipotong menjadi 2 bagian ( dipotong dari bagian pertengahan

   kedua mata kepiting sampai ke perut ).

2. Keringkan dengan kitchen paper lalu taburkan dengan sagu yang

   berfungsi untuk menyerap sisa air dari kepiting itu.

3. Lalu siapkan minyak sayur untuk mengoreng .

   Suhu minyak sekitar 170 derajat Celcius dan tepuk-tepuk sagu

   yg ada dikepiting lalu digoreng dengan minyak sayur sampai seluruh

   tubuhnya terendam minyak .Jangan dibolak -balik sebelum buih-buih

   minyak sayur mengelilingi kepiting itu.

   Bila kepiting sudah mulai mengambang, baru dibalik sehingga hasil

   gorengannya akan garing.

   Diangkat dan ditiriskan minyaknya

Saus Malaysia:

1. Tauco giling dan cabe giling diaduk menjadi satu.

2. Dalam pengorengan ,masukan 2 sendom makan minyak goreng lalu

   masukan irisan kasar cabe merah, bawang merah,bawang putih .

   Masak dengan api sedang sampai beraroma sedap.

3. Tambahkan paduan cabe giling dan tauco, diaduk rata.

4. Masukan air jahe, gula,kecap asin,lada dan gulanya.

   Masak sampai semua bahan tercampur menjadi satu dan terakhir

   tambahkan air sagu dan cuka.

5. Dimasak sampai mengental

6. Masukan kepiting gorengnya sampai sausnya merata.

7. Hidangkan diatas pinggang ceper lalu taburkan potongan daun bawang

   diatasnya .

Selamat mencoba

 Kim soan -Jpn

nb.

Almarhum Mrs Tan adalah guru masak sewaktu saya masih siswi SMA .

Lokasi sekolah masaknya ada di daerah Petak Sembilan .

Beliau mungkin merasa aneh melihat ada muridnya yg berpakaian seragam

sekolah diantara para ibu-ibu.

Juga mengajarkan Udang Roll, Ayam Kodok ala Mrs Tan diluar jam pelajaran

masak dengan pesan..

# Masaklah masakan special ini pada waktu seluruh anggota keluarga

  berkumpul pada akhri pekan dengan tangan sendiri.#

Saya masih ingat bagaimana beliau menyiangi kepiting itu.

dengan menunjuk point antara kedua mata kepiting dan memotongnya

dengan mata terpejam. Pengalaman pertama bagi saya tapi rupanya itulah

cara terbaik bagi sang kepiting.

ITADAKIMASU...greeting dari masyarakat jepang sebelum menyantap makanan

yg berarti Terima kasih untuk jiwa-jiwa dari bahan makanan yg ada

didepan mata dan juga kepada Sang Penciptanya Inilah yang menjadi

satu kebiasaan baru bagi saya menerima kebudayaan dari masyarakat negara ke
II saya...