Dear Mas Deni,

Apakah ikut diskusi Sabtuan tersebut?. Kalau ikut apa
kesimpulannya?

Sebagai orang muslim tentu kita tidak meragukan
sedikitpun isi Al Qur'an. Tetapi kita juga harus ingat
bahwa Al Qur'an itu dalam bentuk teks dan orang yang
paling tahu maksud dan isi dari teks tersebut hanya
Nabi Muhammad S.A.W. Sedangkan para mufasir, dengan
segala hormat, mereka berusaha memahami kandungan Al
Qur'an sesuai kapasitas dan kemampuan beliau. Oleh
karena itu para mufusir juga kadang berbeda pendapat.
Inilah barangkali yang disebut relativitas pemahaman
manusia.

Saya sendiri sebagai sarjana bahasa Inggris dan juga
mengajar teori terjemahan di salah satu Universitas
Swasta di Jakarta paham betul masalah yang terjadi
dalam proses alih bahasa (terjemahan). Tidak mudah
mengalihkan makna dari satu bahasa (misalnya Arab) ke
bahasa lain (misalnya Indonesia). Menurut ustad saya
terjemahan Al Qur'an versi Depag juga banyak
mengandung kelemahan. Padahal kalau Pak Deni baca para
penerjemahnya banyak yang bergelar Prof. Dr., K.H.
dll. Menurut ustad saya yang ahli tauhid, banyak ayat
Al Qur'an yang punya nilai tauhid tinggi menjadi
hilang maknanya setelah diterjemahkan ke dalam Bhs.
Indonesia.

Kembali ke masalah teks, bagaimanapun juga ada
keterbatasan bahasa dalam menyampaikan hakikat dari
sesuatu hal. Misalnya kita mau mengatakan enak, apakah
enaknya sate dengan enaknya piza sama? Apakah manisnya
es krim dan manisnya es cendol sama? Apakah kita bisa
menjelaskan bagaimana rasanya,maaf, orgasme,dengan
kata-kata yang pas kepada anak kecil yang belum akhil
balig atau orang dewasa yang belum menikah, atau tidak
bisa mengalaminya karena impoten? Betapapun kita
berusaha menjelaskan rasanya tetap tak terwakilkan.

Dalam konteks Al Qur'an, misalnya banyak keterangan
mengenai keindahan Syurga. Apakah kita bisa
membayankan hakikat yang sebenarnya dari keindahan
syurga? Nabi Muhammad S.A.W. pernah bersabda bahwa
keindahan dalam syurga adalah keindahan yang tak
pernah kita rasa, lihat dan dengar. Artinya betapapun
kita mencoba membayangkan, bayangan kita tidak akan
pernah sampai pada hakekat yang sebenarnya. Lagi-lagi
ini memberikan isyarat bahwa karena keterbatasan
bahasa dalam menyampaikan hakekat dari suatu hal, maka
terjadilah pemahaman yang berbeda.

Jadi saya rasa kita tidak usah terlalu alergi dengan
pemikiran/ pendekatan baru. Tentu kita bisa memilih/
melihat apakah pendekatan baru tersebut bertentangan
dengan aqidah yang sudah baku atau tidak. Hakim yang
paling baik adalah hati nurani kita.

Mohon maaf bila ada yang tidak berkenan.

Regards,

Yoyok

--- deni irawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>               ”Diskusi Sabtuan INSISTS: Relativisme
> Beragama”
> Jumat, 16 Pebruari 2007
>
>   Mengerikan, virus relativisme dalam penafsiran
> Al-Quran telah menyebar di kalangan intelektual
> Islam. Baca Catatan Akhir Pekan [CAP] Adian Husaini
> ke-182
>

>   Oleh: Adian Husaini
>
>   Pada hari Sabtu, 17 Februari 2007, besok, diskusi
> sabtuan di INSISTS (Institute for the Study of
> Islamic Thought and Civilization) akan membahas
> masalah paham ‘Relativisme Beragama’. Pemakalahnya
> adalah Henri Shalahuddin MA, peneliti INSISTS yang
> [...]
=== message truncated ===

Don't pick lemons.
See all the new 2007 cars at Yahoo! Autos.
http://autos.yahoo.com/new_cars.html

Kirim email ke