Atasan super jutek+cerewet
July-Jakarta

Hi , boleh ya kalo mao curhat sedikit tentang orang2 yang ada di sekitar
lingkungan kantor. Saya yakin di antara anda ada yang menjadi atasan namun
tidak sedikit pula yang menjadi bawahan (alias anak bawang). Bagaimana
seharusnya seorang atasan bertindak ? Dan bagaimana seharusnya seorang
bawahan menanggapinya ?

Saya seorang karyawan perusahaan dan merupakan bawahan dari A yang sangat
menyebalkan. Saya tidak bermaksud menyudutkannya, namun tindakan dan
perilakunya sangat tidak manusiawi dan selalu membenarkan semua tindakannya
dan menyalahkan semua tindakan bawahan. Contohnya : ada B,C dan saya yang
sedang ngobrol saat makan siang, tiba2 A datang dan langsung menunjuk dan
memarahi saya yang melakukan hal2x yang tidak disukai olehnya, kontan kedua
temanku itu langsung membela dan mengatakan pada A bahwa mereka juga
melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan, namun kenapa A diam saja
tidak menegur mereka, saya tentu paling tahu jawabannya, karena B dan C
mempunyai jabatan yang sama tingginya dengan A, sehingga A segan menegur
mereka.

Belum lagi bila A terlambat datang atau sakit, sepertinya satu kantor harus
mengetahui alasan dia terlambat dan sakit yang dideritanya. Namun bila
bawahannya yang terlambat datang bahkan sekalipun sudah memberitahu alasan
keterlambatan atau sakit, tetap saja A seperti orang budek tidak mau
mendengar.

Dari segi pekerjaan A juga sangat tidak percaya dengan pekerjaan bawahannya,
semua urusan kantor dia yang handle, sampai2 ada yang bingung apa sebenarnya
jabatannya, kok kayak general affair manager atau sebangsa HRD manager gitu
?

Sudah hampir 1 dasawarsa saya menjadi bawahannya, dan selama itu pula saya
terus bertahan karena fasilitas yang aku peroleh cukup lumayan dari kantor
ini.Seandainya hanya saya saja yang merasa A seperti itu, mungkin saya
seorang perasa, namun bila hampir semua merasa seperti itu, apakah ada yang
tidak benar dengan si A ?

Semua perbuatan benar2 menjengkelkan dan sangat tidak nyaman. Memang saya
pernah mendengar namun tidak bermaksud menuduh, apa benar bos cewek yang
masih jomblo lebih cerewet dan jutek ?

Hai para atasan cobalah lebih bijaksana dan jangan jutek ataupun mau menang
sendiri, kami para bawahan juga sama sepertimu, sama2 manusia, karyawan dan
digaji. Cobalah kalau kalian ada di posisi kami apa enak kalau terus2 an
diperlakukan seperti itu ?

Saya sengaja menyamarkan masalah yang ada karena saya yakin A akan membaca
curhat ini.

Semoga para Atasan yang jutek dan A dapat menjadi atasan yang baik.