From: laresolo

Sent: Monday, May 07, 2007 11:11 AM
Re: CATATAN PERJALANAN DELTA TIME OUT JS KE GEDEH,GASOL & SUKABUMI

Dear Mbak Ida,

Saya ngiri sekali gak bisa ikutan tour kemarin. Terutama, selain

Gasol, saya memang pingin sekali ke kebun teh Gedeh, karena katanya

masih lumayan terbebas dari polusi. Sekilas, saya lewat ada papan

nama PTP VIII dan Tanawatte. Dan karena kebetulan sewaktu searching

di Google, secara tak sengaja menemukan teh dengan merk Tanawatte,

maka asumsi saya di Kebun Gedeh memproduksi teh dengan merk tersebut.

Maka kemarin sengaja saya SMS pak Icay Taher:

"Pak, kalau sempat titip belikan Teh merk Tanawatte yang kualitas

nomor satu"

Ternyata, menurut pak Icay Tanawatte adalah nama pabriknya sedangkan

merk teh yang mereka produksi Walini, sama dengan hasil produksi di

Gunung Mas.

Untuk yang di Gunung Mas, saya pernah melihat proses produksinya.

Cuma kalau di Gunung Mas, sistem produksinya adalah CTC, sedangkan

di Gedeh kalau gak salah masih Orthodox.

Beda antara CTC dan Orthodox adalah pada proses penggilingan. Kalau

CTC pada proses ini digunakan pisau untuk mencacah teh (CTC

singkatan dari Crush, Tear & Curl), baru dilakukan fermentasi dan

pengeringan. Sedangkan Proses Othodox, bukan pisau yang digunakan,

tetapi teh digiling dengan silinder hingga pecah (menurut yang saya

baca demikian, soalnya belum pernah melihat prosesnya secara

langsung).

Secara kasat mata, hasil produksi CTC, bentuknya butiran kecil-kecil

teh, tetapi kalau Orthodox masih berbentuk rajangan teh kecil-kecil.

Untuk aroma dan warna, CTC menurut saya jauh lebih pekat dan

aromanya lebih kuat dibanding Othodox.

Soal harga, memang murah sekali. Yang mahal ongkos angkutannya

karena harus dibeli di pabriknya .. ;-) Apalagi kalau dibandingkan

dengan teh Import macam Twining, wah cuma bisa 26 kali lipat lebih

mahal, padahal sebagian teh Twinning di beli dari kebun teh yang

sama dengan teh Walini. Jadi kalau untuk teh hitam, saya mah pilih

Walini saja.

Kalau mau membandingkan, silah ambil satu sachet teh celup walini,

cium aromanya dan bandingkan dengan teh celup merk lain (yang sama-

sama teh hitam lho), aromanya jauh beda.

Salam,Bambang