Sutiyoso Keseleo Lidah, Sebut Masa Jabatannya Tinggal 5 Tahun

Ramdhan Muhaimin - detikcom

Jakarta - Meski DPRD DKI Jakarta telah menyerahkan surat pemberitahuan
jabatan Sutiyoso tinggal lima bulan lagi, namun ternyata yang hinggap di
kepala Sutiyoso malah lima tahun.

"Jadi pertemuan ini secara resmi sesuai dengan UU memberitahukan kalau saya
tinggal lima tahun lagi," ujar Sutiyoso dengan serius, di Balaikota, Jl
Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat Senin (7/5/2007).

Kemudian seorang wartawan nyeletuk. "Maaf Pak Sutiyoso, tinggal lima bulan
lagi". Sutiyoso menyahut, "Anda ingat saja." Yang mendengarnya pun tertawa
terkekeh.

Kemudian pria kelahiran Semarang itu diberondong pertanyaan oleh wartawan.
Misalnya, setelah lengser sebagai gubernur, apa akan tetap tinggal di
Jakarta.

"Saya akan tetap di Jakarta meski tidak menjabat lagi nanti. Saya stand by
di sini," jawab mantan Pangdam Jaya ini.

Sutiyoso mengatakan dengan tetap di Jakarta dirinya selalu membuka diri
untuk bersedia berdialog dengan gubernur DKI baru mengenai berbagai
persoalan di DKI. Sebab, berbagai program pembangunan yang telah
dilakukannya harus dilanjutkan oleh gubernur terpilih nanti.

"Dengan tinggal di sini saya siap setiap menit menerima
pertanyaan-pertanyaan dari gubernur baru. Saya akan pandu dan jelaskan
secara rinci dari A-Z upaya pembangunan di ibukota secara berkesinambungan,"
imbuh pencetus busway ini.

Pria yang akrab disapa Bang Yos ini mengatakan, meski masa jabatannya
tinggal lima bulan lagi dan tidak bebas mengeluarkan kebijakan, dirinya
tetap bertanggung jawab untuk menyusun Rancangan Kerja Pembangunan Daerah
(RKPD) dan meneruskan program-program yang telah dijalankan sebelumnya
seperti banjir kanal timur (BKT), monorel dan busway.

"Jika sepanjang arahnya jelas, programnya masih berlanjut seperti BKT,
monorel dan busway tetap saya teruskan. Untuk RKPD tetap harus saya susun
supaya gubernur nanti nggak celingak-celinguk mau mengerjakan apa. Kalau
diserahkan kepada gubernur baru rancangan itu tidak mungkin karena waktunya
mepet," beber Sutiyoso.(nik/nrl)