BERBAGAI MAKANAN JEPANG

Jajanan jepang

Kalo Dorayaki di Jakarta,di Eaton Cilandak Town Square.

Kalo jajanan jepang lainnya seperti :    okonomiyaki (semacam martabak
dengan banyak rajangan kubis),

kue moci (kemasannya bagus2 banget...jadi sayang dimakan...;)), tako
(tentakel gurita yang dipanggang

dg saos yg enak..., biasanya selalu ada di tiap matsuri/festival),
senbe/rice crackers

(tersedia di supermarket Sogo Jakarta dan di beberapa supermarket Hero).

Kalo 'furikake' (campuran tuna-nori-wijen atau campuran lainnya) bukan jenis
jajanan sih,

tapi enak buat ditaburkan di nasi atau untuk buat sushi/onigiri. Dijual di
supermarket

dalam kemasan biasa dan sachet bergambar kartun Kitty/Ultraman/Doraemon....

Kalau di Jepang, yang khas dan mayoritas halal ya WAGASHI = kue tradisional
Jepang Ini ada di semua Food Section di Dept.Store (biasanya di basement),
dari yang masih ngepul sampe yang khusus untuk souvenir atau oleh-oleh. Juga
dijual di setiap toko kue Wagashi sama setiap depot stasiun. Ini kudu deh.
Kalau ada waktu kelilingi dulu deh dept.store sebelum beli (ini karena
pilihannya banyak banget).

Sebagian besar terbuat dari beras, beras ketan maupun tepungnya dengan
kacangmerah/ogura dan gula. Jenisnya bermacam ragam bisa dibrowse di
internet dan baca bukunya. Intinya sebagian kue dimakan sebagai
camilan/snack saat minum teh dan ada yang khusus untuk upacara minum teh
(untuk ini dibagai per season/musim). Banyak yang sudah dipak sebagai
souvenir, karena orang Jepang gemar kirim-kiriman hadiah, dan 'wajib' bawa
oleh-oleh kalau bepergian.

Kuenya mungil, dan sangat cantik. Sedangkan yang jadi camilan tiap hari
seperti O DANGGO sangat sederhana dan bisa buat sendiri lho.Kalau beli di
toko kue yang kecil, biasanya harganya jauh lebih murah daripada beli di
departemen store. Kalau cari sekitar Tokyo (Shinjuku atau Ikebukuro atau
sekitar Ginza), masuk aja dept.store yang paling besar (seperti Tobu etc)
biasanya ada 2-3 lantai isinya hanya makanan. Penjualnya dari berbagai
daerah di Jepang, dan selalu ada sample yang bisa dicoba. Ini segala jenis
jajanan ada deh di sini, dan banyak yang tak mengandung daging, alkohol
maupun zat aditif lain.

Yang lain selain aneka sembei (Crackers), juga ada aneka O TSUMAMI (bisa
teri kering berbumbu, roasted cumi dan aneka seafood kering berbumbu).
Biasanya

orang Jepang menghidangkan untuk teman minum sake dan bir, tapi ini buat
lidah Indonesia juga asyiik....dan berbagai jenis NORI. Yang enak nori bakar
dengan bumbu ala Korea yang pedas manis, atau teriyaki dan Wasabi.

Yang asyiik lagi, berbagai FISH CAKE ( ini rasanya seperti mpek-mpek,
bedanya mereka buatnya 100% daging ikan dan kalau ada campurannya biasanya
putih telur atau telur, meskipun ada juga yang rasa dan penampakannya jadi
seperti bala-bala/fu yong hai tanpai saus)

Yang lain? Bejibun deh saking banyaknya....karena hampir setiap daerah
pertokoan selalu ada yang jualan jajanan, tergantung daerah yang didatangi.
Kalau Kyoto

pusat kue/jajanan tradisionil.......dan tiap daerah ada makanan  atau
jajanan khasnya. Mungkin sama-sama DORAYAKI tapi isinya bervariasi,
sama-sama TAKOYAKI tapi sausnya berbeda.

Jangan lupa KASTELLA aneka rasa dan cicipi candy tradisional Jepang ( ada
kuromame, ada karinton, dan berbagai hard candy yang lucu-lucu)

Duh...pokoknya yang mak nyuuus banyak di  Jepang.....asal jangan gelian sama
sea food aja:) Surganya buat yang suka ikan dan sea food aneka rupa sampe
yang udah jadi snack keringan.

Met cari jajanan ! hani

Takoyaki di carfour

Takoyaki gak hanya ada d osaka aja lo di Fukuoka juga banyak dijual

bahkan bisa juga dibeli d supermarket dalam bentuk frozen

jadi tinggal digoreng aja. Saos nya juga dijual d

supermarket2, kalau yang di Fukuoka di atas takoyaki

yg sudah jadi biasanya diberi seprihan nori en dried

bonito fish, enak banget emang.

Teman saya orang Jepang juga punya penggorengan buat

bikin takoyaki, kalau cara bikin ato resepnya banyak

kok di internet tinggal ketika aja d google

[resep] Takoyaki

Takoyaki (vin)

recipe : By Uceu Hubby's

BAHAN:

3 kng telur

2 pth telur

800 ml dashi stock

375 gr tep terigu

1 sdt baking powder

3 sdt garam

minyak salad

BAHAN ISI:

125 gr Tako, direbus, dipotong kotak 1 cm

50 gr kol diiris tipis

50 gr daun bawang diiris halus

30 gr jahe dicincang halus

PELENGKAP:

200 gr saus takoyaki

200 gr mayones

5 gr katsuo bushi

CARA:

1. Kocok lepas telur, tambahkan dashi stock dikit2 sambil aduk rata

2. Tuang ke campuran tepung bak powder, aduk rata tambahkan garam aduk lg

3. Panaskan cetakan & olesi dg minyak salad. Tuang adonan kecetakan

   sampe penuh tambahkan tako, kol, daun

   bwg n jahe. Biarkan hingga bag bwh n pinggir takoyaki berkulit

4. Bolak balik sampai membentuk bola n matang. Sajikan dg pelengkap.

TIPS: bolak balik takoyaki pd saat yg pas, yaitu saat

bag bwh n pinggir brkulit tp bag tengah msh cair shg

bag cair ini membentuk 1/2 lingkaran lg

NB : Cetak pakai cetakan poffertjes.

Takoyaki

Buat yang nanya Takoyaki,

Kebetulan kemarin saya baru berhasil membuat takoyaki (octopus ball)

sendiri, setelah ketagihan makan takoyaki di Meguro Street, Tokyo. Di sana

ada penjual takoyaki bernama "gurita kepala batu" yang jadi langganan artis

dan politisi terkenal...

Penjaja makanan ini mudah ditemui di pinggir jalan, dan penjualnya biasanya

berjejer-jejer selama ada pelaksanaan festival (matsuri). Di Yokohama, ada

sejumlah jalan yang ada penjual takoyakinya kok...

Selain bisa dengan cara cepat saji dengan beli tepung takoyaki di

supermarket, plus ditambah jahe dan potongan gurita, kita bisa buat sendiri

adonannya, yang bahan dasarnya tepung terigu, air hangat, telur, susu cair

(optional), sedikit garam. Maaf nggak ada ukuran tepatnya karena saya dan

suami hanya praktek coba-coba dan ternyata berhasil...

Yang penting ada wadah takoyaki khususnya (cetakan bola-bola baja tebal).

Dan cara membentuk bolanya dengan cara mempertemukan dua jejeran bola-bola

yang bagian bawahnya sudah sama-sama matang. Saya membuat takoyaki telur,

jadi bola-bola yang sudah matang itu, dibalut lagi kocokan telur dengan

teknik yang sama: menyiram telur kedua jejeran cetakan bola-bola lalu segera

memasukkan takoyaki ke dalamnya, setelah matang, dioles soyu kental dan
mayoneise.

Takoyaki

saya juga ngefans berat ama takoyaki , klo di tokyo dulu sih di shibuya ada

yang jualan takoyaki aneka rasa, tapi yang paling enak yang original ya

dengan katsuboshi (serutan ikan ) dan mayones dan saus hitam yang banyak ,

klo bikin sih sy pernah coba cuman bahan2nya memang harus beli di

supermarket jepang kayak kamome dll di daerah jaksel , tepungnya khusus ,

trus tako nya itu yang mahal dan saus hitam nya juga khusus . dan cetakannya

juga kayak cetakan kue cubit ya ? emang kliatan gampang pas bikinnya tapi

persiapan dan bahan2 harus lengkap supaya rasanya otentik .

Takoyaki

untuk yang ingin coba takoyaki di indonesia, yang saya tau sih ada di 2
tempat.

Setahun yang lalu, saya coba yang ada di Plaza Indonesia (dekat hero kalo ga
salah).

Tapi beberapa minggu yang lalu, saya nemu satu lagi gerai yang jual takoyaki
ini.

Di Food Courtnya Ambasador Mall. sederet dengan fiesta steak tapi ambil
tempat paling ujung.

Menurut saya, lebih enak (dan lebih murah) yang di ambasador, ga anyir
seperti di PI.

Ada sih potongan guritanya, cuma ga tau juga apa betulan gurita ato potongan
cumi yang

kumisnya besar (emang cumi berkumis ya =)) Di atasnya ada taburan apa ya,
sesuatu tipis

dan beraroma seafood, karena panas takoyaki, si taburan ini jadi seperti
hidup karena berkibar-kibar.

Seporsi tako ini, disertai seplastik mayones dan saos sambel (teteeeuup, ini
indonesia kan?)

Takoyaki

waktu itu saya ke Tokyo takoyaki dijual di foodcourtnya selain itu

biasanya sih di tempat festival gitu seperti kalo perayaan festival  musim
panas,

kalo bikinnya yg pasti ada tako, pake tepung khusus, bawang trus taburannya
nori,

abon ikan, saos special dan mayonais

selain di carrefour coba di Kamome swalayan jepang di melawai (sebelah
Tamani)

atau di Cosmo swalayan jepang di Grand Wijaya (sebelah 21-nya) harganya
17000-20000

Takoyaki

Kalo mau takoyaki,aku biasanya beli di mall kelapa gading.aku belinya di

Robata Komachi.Rp 12500 dapet 12 buah.ato takoyaki biasanya aja di

festival jepang yang diadain sama anak J-Community*termasuk aku lho..

tiap ada festival jepang pasti ada stand2 makanan jepang.salah satunya jual
takoyaki.

Takoyaki

Membaca kata Yamaimo, saya jadi ingat makanan

tradisional yang dulu selalu dibuatkan oleh kawan

saya, seorang koki Shushi di Long Beach. Beberapa kali

saya bertanya, belum lagi dapat jawaban mantap.

Makanan tersebut berbahan dasar parutan Yamaimo mentah

kemudian diisi dengan potongan dadu Maguro serta

bubuhan telor puyuh mentah yang lantas diaduk bersama

beberapa jumput washabi. Setelah itu ditaburi bonito

flake dan beberapa bahan lainnya seperti wijen, nori

dan mungkin lainnya.