Ba'asyir Bela Abu Dujana Cs

Gembong teroris Abu Dujana sudah tertangkap. Keluarganya juga meyakini
Dujana memang terlibat terorisme. Namun lain halnya dengan Abu Bakar
Ba'asyir yang tetap melakukan pembelaan terhadap Abu Dujana cs.

Ba'asyir pun mengimbau publik untuk tidak segera percaya atas tuduhan yang
di-layangkan polisi bahwa Abu Dujana adalah pelaku kekerasan bersenjata atau
teror bom. Dia berharap publik menunggu vonis pengadilan terhadap lelaki
yang disebut se-bagai pimpinan pasukan JI tersebut.

"Jangan percaya tuduhan-tuduhan polisi itu. Tunggu keputusan pengadilan
nanti se-perti apa. Ingat saja apa yang dituduhkan polisi kepada saya dulu,
tapi toh tidak ter-bukti apa pun."

Hal tersebut disampaikan Ba'asyir kepada wartawan di rumahnya di Kompleks
Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jumat (15/06) pagi. Ba'asyir juga
meminta agar seluruh pihak tetap mengkritisi keputusan pengadilan Indonesia
karena seringkali juga tidak sesuai dengan kebenaran.

"Seringkali pengadilan kita ini juga masih bisa diintervensi. Alhamdulillah
pada kasus yang menimpa dulu ada lima hakim yang mau berpegang pada
ke-benaran sehingga berani me-nyatakan saya tidak bersalah," lanjutnya.

Ba'asyir mengaku tidak mengenal Abu Dujana secara akrab. Namun diakui
dirinya pernah bertemu Abu Dujana di Ma'had Lukmanul Hakim di Ulu Tiram,
Johor, Malaysia. Abu Dujana saat itu menjadi salah satu ustad di pesantren
itu. Di pesantren itu pula Ba'asyir mengenal Noordin M Top.

"Saya bukan pengelola (Ma'had) Luqmanul Hakim, tapi saya beberapa kali
diminta menjadi penceramah di sana. Saya berceramah pada para guru di
Luqmanul Hakim itu. Yang kami bicarakan hanya sekitar perjuangan dan
pendidikan. Yang saya tahu saat itu namanya bukan Abu Dujana tapi saya sudah
lupa siapa dulu panggilannya," paparnya.

Ba'asyir juga mengaku beberapa kali bertemu dengan Abu Dujana di Jawa, namun
dia tidak menyebutkan kapan pertemuan itu terjadi. Dia hanya mengatakan
pertemuan itu terjadi di forum-forum pengajian. Materi yang dibicarakan,
menurut Ba'asyir, juga seputar perjuangan dan pendidikan.

Ba'asyir menduga bahwa tidak tertutup kemungkinan penangkapan para pelaku
teror itu sengaja dimunculkan ke publik untuk menutupi mencuatnya kasus
pelanggaran hukum para capres yang me-nerima dana ilegal yang dapat
berpengaruh buruk pada nasib pemerintahan sekarang. Pada bagian lain, dia
mengingatkan para tersangka terorisme yang tertangkap agar mempertahankan
keyakinannya.

"Pertahankan keyakinan. Jika memang meyakini jalan yang ditempuhnya benar
sesuai syariah Islam maka jangan demi keselamatan lalu belak-belok. Tapi
jika kemu-dian menyadari jalannya itu keliru sebaiknya dia bertobat lalu
melakukan klarifikasi kepada pemerintah apakah dia benar-benar bertindak
seperti yang dituduhkan selama ini."(dtc HARIAN KOMENTAR