Setahun sudah ia bergelut dalam dunia usaha jual-beli pakaian, dari mulai
jenis pakaian baru dan sedikit 'agak-kelihatan-baru' [Maksudnya: Pakaian
Bekas], lelaki mudah dalam bilangan penghujung 20-an, sebutlah dia
bernama Ajojinge
Mukheegile, perjaka-tulen asli Liberia, datang dari kelompok etnis Mandingo,
yang konon terkenal sebagai pejantan,...eh kok pejantan,sih?
-->pedagang-ulet-dan-tangguh!

Dengan Wheel-Barrow, sejenis gerobak beroda satu yang kata si kampret ini,
mah gerobak macam yang dipakai Bang Ajojinge Mukheegile begitu hanya dipakai
sebagai gerobak pengangkut pasir, kantong semen dan perkakas bahan/material
bangunan lainya. Bukan untuk dipergunakan sebagai gerobak penjaja barang
dagangan - apalagi untuk berjualan pakaian. Namun lain ladang lain belalang,
begitulah kata pepatah.. lain istiadat di Nagari Minang, lain pula kebiasaan
di Negeri Permata Afrika Barat ini.

Berdagang baju, atau busana baik itu untuk pria dan wanita dengan keadaan
pakaian jadi yang baru ataupun bekas [tapi kelihatan baru] adalah lahan
usaha yang digeluti sebagian besar anak muda di Monrovia. bagiyang
bermodalkan besar, mereka bisa menyewa kios di kawasan dagang terpadu ala
Monrovia, yaitu di daerah Randal Street, Broad Street dan beberapa daerah
pertokoan pada sisi jalan protokol kesohor di Monrovia. Nah, bagaimana
dengan kampret sontoloyo yang bermodalkan mepet dan pas-pas-an ini? Ya
warung bergerak ala wheel Barrow inilah solusi alternative menjalankan
ikhtiar mereka. Unik memang..

Berbekal lensa
ini<http://www.usa.canon.com/consumer/controller?act=ModelInfoAct&fcategoryid=150&modelid=7344>dan
juga lensa
ini<http://www.usa.canon.com/consumer/controller?act=ModelInfoAct&fcategoryid=148&modelid=7330>dan
beberapa jurus SKSD si kampret ini, berhasil mewawancara si Abang
Mukheegile tanpa dia sadari. Dari situlah akhirnya lahir cerita/postingan
yang satu ini.

Dari kisahnya, ia bermodalkan US$ 250.00 pada saat memulai usaha jual-beli
pakaian jadi ini, beli gerobak 90 Dollar dan sisanya adalah barang dagangan
awal, dimana 1 bal [seukuran satu koli] bajubekas yang dimuat dalam karung
plastik, beraneka-macam pakaian bekas darimulai setelah jas, rok., jins,
sepatu danlain sebagainya mepet-sesak tersumpal dalam satu koli tetek-bengek
itu, dan setelah di-pilah-pilah, banyak diantaranya masih tergolong barang
baru sementara tidak sedikit pula yang harus dia buang dan/atau dia pakai
sendiri, karena mungkin sudah nggak layak jual lagi.

Tidaklah heran, kalau baju yang dikenakan-nya itu agak terlihat mentereng
dengan judul tulisan terpampang di dadanya: "50 Cent" - entah apa itu
artinya si 50 sen, mungkin nama penyanyi rapper kondang AS, kali?

Kecepatan Bang Mukheegile ini menghabiskan [Baca: Menjual] satu koli barang
dagangan, adalah 3-4 hari dengan berkeliling keluar masuk
pasar-mumet-bau-jorok-dan
macet yang bernama Waterside Market.

Akhir-akhir ini saya sering dapet barang bagus, Mas - begitulah ucapnya.
> Barang bagus gimana, maksudnya - tanya saya sedikit heran.

Dengan menunjukkan sebuah celana dalam g-string putih mutiara dengan efek
gllitter mengkilap,ia pun berseru:

Ini lho! - ini baru namanya barang bagus, ringan,..
..mudah dan cepat terjual
juga karena memang sedang mode/musimnya!
and, I gotta know pleeenty-pleeenty women! - tambahnya! [dasar!]

Pada saat si-interview itu berlangsung, ia memang sedang penyandang banyak
barang dagangan kelas wahid dan menarik perhatian kaum wanita. Seiring
dengan kerumunan mbakyu-mbakyu muda dan kebanyakan dari mereka - harus saya
akui berbodi nggak kalah dengan Mbak J-Lo sing ada di Manhattan, New York
itu...maka lengserlah si kampret ini kepinggir sembari menikmati keramaian
dan riuh-nya argumen antara sang penjual dan pembeli.

Ramailah tangan-tangan itu mengacak-adul barang dagangan si Bang Mukheegile
itu, sembari kedua pasang matanya memperhatikan sangat kemana gerakan antara
tangan calon pembeli dan beha serta beragam pakaian dalam wanita itu.

Meski sudah lumayan fasih kedua telinga ini untuk dapat mengerti
perbincangan khas Liberian English, saya hanya bisa menangkap sebuah
ekspresi dan argumen penjual-pembeli yang ramainya persis seperti berada
ditengah kandang peternakan ayam. Berikut transkripnya, yang tentunya sudah
diterjemahkan secara sontoloyo:

"Sudah, jangan ngacak-ngacak dagangan saya - pilih cepetan.."

Updated posting from My African Journey
<http://pralangga.blogspot.com>- http://pralangga.blogspot.com