On 04/02/05 20:10, Support wrote:
> Tolong dipikirkan :
> 1. Apakah customer ( pemilik Domain ) bersedia bayar "pertahun" + "lebih
> mahal" dari com,net,org , setelah beberapa tahun ada informasi bahwa
> "or.id" , "ac.id", "co.id" hanya bayar sekali saja........???
>  2. Apakah pengeloala .id dapat melaksananakan : Persyaratan registrasi
> dengan mudah, proses cepat, modify mudah..?
>
> salam,
> Andi

Pak Andi,

(sekalian menanggapi e-mail yang senada dengan ini)

Terima kasih atas respon dan opini anda.

Acap kali harga penggunaan gTLD (com,net,org) dijadikan pembanding pada .ID.
Dalam hal ini, sebaiknya anda juga menilai secara proporsional dan obyektif
pada tataran yang seimbang.

Hingga sekarang total populasi antara gTLD (com,net,org) tidak setara
dengan total populasi .ID.

Menurut data dari: http://www.whois.sc/internet-statistics/
total pengguna .COM sekitar 34.135.330 buah (kita ambil contoh .COM saja).
Sedangkan pengguna .ID adalah total 20.516 (total seluruh domain).

Jadi jika anda berpendapat bahwa harga penggunaan gTLD (com,net,org) itu
termasuk murah, berapa misalnya? katakanlah kira-kira USD 4 atau 6 per tahun.

Menurut pendapat saya, harga terebut masih sangat mahal. Kenapa?.
Karena dengan berdasarkan jumlah populasi sekita 34 jutaan tersebut, idealnya
biaya domain .COM hanya sekitar USD 0,30 - 0,50 (baca 30 sen - 50 sen) saja.

Karena sangat besar kemungkinan, jika total populasi domain .ID sudah
setara dengan .COM, biaya domain .ID akan kurang dari Rp. 5.000,- saja.

Kira-kira demikian pendapat saya untuk pertanyaan No. 1 dari anda.
Boleh 'kan kalau saya berbeda pendapat dengan anda?. :-)

Untuk jawaban untuk No.2 ; jika anda masih memiliki kesulitan dalam domain .ID
anda dapat menghubungi staf kami untuk keterangan lebih lanjut.

Sedangkan untuk proses ubah, memang memerlukan konfirmasi dari pengelola lama.
Jika proses konfirmasi tidak ada kendala, kami akan segera merubahnya.

Memang biasanya pengelola lama domain yang agak kesulitan (dengan berbagai
sebab) sehingga proses ubah ini menjadi agak lama. Sebaiknya, anda bisa
berkoordinasi dengan baik dengan penglola lama domain tersebut.

Jika kelak kami sudah memiliki beberapa Registrar, proses "baru-ubah-hapus"
akan dilakukan oleh Registrar (terutama .WEB.ID dan OR.ID). Sehingga proses
tsb diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu, tanpa perubahan signifikan
dari mekanisme yang telah ada.

B. Rgds,
-ikh