Salam sejahtera...

At 10:35 AM 3/10/05 +0700, "Indra K. Hartono" wrote:

>Namun untuk merealisasikan usulan tersebut, rasanya kelak akan
>cukup memberatkan baik bagi pihak kami (sebagai Registri) maupun
>bagi para pihak (kandidat) Registrar.

Bukankah hal itu baru akan terrasakan setelah diadakanya pedaftar
(regitrar), sehingga pemberlakukan itu hanya akan mengena pada pendaftar
(register) baru ?

>Jadi, agar lebih adil dan bijaksana or.id juga akan dikenakan biaya tahunan.
>Meski dalam hal ini tentu saja akan menimbulkan pro-kontra. Dimana hal itu
>cukup wajar dalam dinamika komunitas pengguna domain.

Saya memahami hal itu. Yang saya ajukan bukan sekadar apa yang tampak,
melainkan suatu sumbangsih bagi Tanah Air. Kalau semua ditukar dalam satuan
mata uang, lalu buat apa bersumbangsih secara gratis ? Saya menyarankan
adanya Dewan Kehormatan yang bisa menyusun dan kemudian melakukan penilaian
apakah suatu "domain" .or.id layak dikenai iuran tahunan ataukah cukup
membayar satu kali saat mendaftarkan "domain" tersebut. Tentu saja salah
satu butir yang saya ajukan dan dinilai layak sebagai dasar keputusan adalah
tiadanya nilai politis atau keinginan mencari keuntungan dari keberadaan
suatu situs, serta seberapa besar kandungan sumbangsihnya bagi Tanah Air.

>Walau bagaimanapun, sudah sewajarnya juga, pengguna domain or.id untuk
>cukup dewasa serta belajar mandiri setelah bertahun-tahun belakangan ini
>terus-menerus "disapih" oleh para pengguna domain lainnya. :-)

Saya memandangnya bukan mengenai Dewasa atau Tidak Dewasa, melainkan adanya
dukungan pada pribadi-pribadi yang secara keuangan tidak berlebih namun
memiliki tujuan dan arah yang jelas dalam melaksanakan sumbangsihnya.

Sharif Dayan
www.ksatrian.or.id

Kirim email ke