On Sat, Mar 12, 2005 at 08:04:15AM +0700, Don't Mail wrote:
> Anggap saja saya pengusaha kecil atau pengrajin yang tidak mempunyai
> siup dan surat-surat kelangkapan lain yang diperlukan untuk mendaftar
> domain co.id.
> Saya hanya berharap bahwa saya bisa menginformasikan produk kepada
> pembeli dengan domain indonesia.

Kalau hanya ini, toh tetap bisa pakai web.id.
Mengapa harus ngotot pakai co.id.

Terus, sebagai pengusaha kok nggak punya surat-surat kelengkapan?
Mestinya biar kecil dan besar sama saja. Bukankah begitu?
Ini mau serius bisnisnya atau tidak?

Banyak kejadian di bumi kita ini yang mengatasnamakan rakyat kecil
atau kemiskinan sehingga boleh melanggar aturan. Terus terang, saya
pribadi, tidak punya rasa kasihan untuk yang seperti ini. Bukan begitu
caranya (mengemis kasihan). Fight for it dengan jalan yang benar.
(Catatan: mahasiswa kita juga banyak yang seperti ini. Menyedihkan.)

> Kalau bisa dibuka .id dengan persyaratan yang lebih mudah misalnya KTP
> atau yang lain sebagainya saya rasa akan banyak pengusaha kecil atau
> pengrajin yang tertarik.

Saya tidak percaya.
Berapa definisi "banyak"? 1 juta? 100.000? ;-)

Jika memang ada kemungkinan 1 juta domain, ini harus dipertimbangkan.
100.000 domain pun perlu dipertimbangkan.

Kemudian ... silahkan buat aturannya. Misalnya, apakah saya boleh
mendaftarkan indosat.id? Atau bagaimana? Dispute Resolution Policynya
bagaimana?
(The devils are in details.)

> bukankah akan lebih baik jika pengusaha di indonesia menggunakan
> domain .id daripada .com

Mengapa?

-- budi