Novizal,

| Dear Pak Indra, saya masih ada pertanyaan lanjutan boleh???

Boleh.

|1. Kalau seandainya tidak merupakan Rep. office, tetapi
|
|a. merupakan penunjukan hubungan perdagangan, marketing, franchise atau
|hubungan lainnya apakah diperbolehkan?

Jika masih ada partner lokal masih dapat diakomodir.
Dengan prasyarat bahwa antara partner lokal dan principalnya
ada kesepakatan legalitas mengenai domain ybs.

|b. merupakan penunjukan "khusus" untuk pendaftaran dan maintenance domain
name |bagaimana pak? apakah diperbolehkan? sepertinya banyak ISP yang
melakukan ini |ya pak?

Klien ISP biasanya dari kalangan perusahaan.
Jangan salah persepsi bahwa ISP diperlakukan berbeda.
Silahkan tanyakan saja pada ISP yang pernah mengurus domain co.id.

|2. Yang dimaksud dengan "berhubungan dengan merek dagang/jasa tertentu"
apa ya |pak? Setau saya semua nama bisa dijadikan merek dan semua nama bisa
|berhubungan dengan merek dagang/jasa. Nah merek dagang/jasa tertentu ini
yang |mana ya pak?

Biasanya merek dagang/jasa yang tidak ada relevansinya
dgn entitas perusahaan ybs.

|3. Partner lokal harus memiliki kekuatan hukum yang jelas (ada perikatan
|dengan Principal-nya), yang dimaksud dengan "kekuatan hukum yang jelas"
itu |bagaimana ya pak? dan apa yang dimaksud dengan "perikatan dengan
principal-|nya"? karena suatu penunjukan khan sudah pasti ada "dokumen
|penunjukan/perikatan" antara yang ditunjuk dengan yang menunjuk.

Begini, biasanya perikatan tsb hanya bersifat umum.
Sedangkan bila menyangkut domain, antara para pihak harus ada klausula
yang secara spesifik menyebutkan apa dan bagaimana ttg pengelolaan domain ybs.

|Terimakasih atas bantuannya pak.

Sama-sama.

|note: kalau saya sudah balik ke Indonesia, saya mau ngajak "ngopi" Bapak
nih, |boleh pak?? Saya sih yakin bapak sudah lupa  dengan saya, heheheheh

|o0 Bule 0o

Jangan khawatir saya masih ingat kok.
Terakhir ketemu dlm seminar IIPS di Hotel Paragon 'kan?.

Wah, tetapi ini konotasinya negatif.
Mungkin terpaksa saya harus tolak.

B. Rgds,
-ikh