--- Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]>
wrote: >
> Mungkin pak Paustinus lebih bisa percaya kalau saya
> lampirkan
> pentalan email sebagai berikut?
bin/mailman/listinfo/idnic

Pak Budi, terus terang saya tidak terlalu paham dengan
setting Postfix dan mailman. Yang jelas, entah karena
masalah apa, karena rasanya ada sejumlah posting besar
yang saya tanpa sengaja tidak mengikuti. Mungkin ini
menimpa rekan lain juga.

Saat ini alamat email saya yang terdaftar di milis
adalah ([EMAIL PROTECTED]), padahal seharusnya
([EMAIL PROTECTED]). Alamat tersebut sudah
obsolote sejak beberapa bulan yang lalu. Saya baru
menyadari adanya masalah setelah tidak menerima lagi
kiriman posting dari milis IDNIC. Sebaliknya mailbox
saya di yahoo mendadak penuh. Saya hanya menduga mesin
milis IDNIC berjalan dengan konfigurasi backup yang
out of date.

Barangkali malah sejumlah orang akan terhapus dari
milis, mungkin ini yang menimpa Pak Paustinus. Apa
saya salah tangkap yah ?

Sekarang saya hanya mau tanya saja, apakah konfigurasi
saat ini sudah fix atau masih sementara ? Artinya apa
perlu saya mengganti alamat email sekarang dengan yang
seharusnya ? Sebab khawatirnya nanti sudah ganti
ternyata konfigurasi berubah lagi ?

Dan sayangnya kebiasaan di IDNIC (beberapa kali ada
masalah atau maintenance) tidak ada pemberitahuan
sebelumnya, sehingga subscribers dan para pendaftar
bisa bersiap. Paling tidak ada informasi di web site
bahwa sedang ada maintenance system dst. Kemudian
bagaimana yang harus dilakukan oleh semua anggota.

Alasannya sederhana saja : supaya pada maklum. Kalo
tidak ada keterangan apapun, mendorong orang untuk
syak wasangka akibat kekecewaannya. Misalnya gara-gara
layanan pendaftaran tidak berjalan. Atau milis salah
alamat seperti yang saya alami.

Pemberitahuan semacam itu saya kira wajib hukumnya
bagi lembaga yang menyelenggarakan kepentingan publik
seperti IDNIC.