Pada hari Sabtu, 14 Desember 2002 14:28, Wahyu Kelik menulis:
> Maaf OOT, ada yang tahu kenapa UNHAS.ac.id tidak dikenali di Internet? Saya
> coba ke NS1.id masih ada, juga ke NS1.IPTEK.net.id, tapi begitu mau kirim
> e-mail ke domain tersebut selalu mental, bahkan kabar terakhir dari NAMED,
> serial number untuk UNHAS.ac.id berubah jadi 0, entah apa artinya. Di ping
> ke server1.unhas.ac.id juga gak mempan (mungkin dikasih firewall?).

Sambil menunggu tanggapan resmi dari UNHAS, berikut analisa sementara dari
aku...

server1.unhas.ac.id adalah Main DNS / SOA untuk unhas.ac.id, merangkap mail
server utama unhas.ac.id.

Sialnya, server1.unhas.ac.id lagi down.

Kebetulan, double fault. Sepertinya, karena server1.unhas.ac.id terlalu lama
down,  refresh call-back dari para secondary DNS udah terlalu lama timed out
(tentu saja, karena server1.unhas.ac.id lagi down), sehingga akhirnya
"retries exceeded", dan tidak mau menjawab lagi.

Tripple fault, aku juga bingung....
Mesti berhubungan sama siapa di UNHAS?

Karena kebetulan aku pegang ns2.internux.co.id, maka untuk sementara DNS
serverku yang seharusnya "slave", maka abis baca mail ini udah aku set
sebagai "master". Ini sementara aja, karena akibat terlalu lama timed out,
seluruh secondary DNS tidak mau menjawab :-(
So, daripada seluruh domain ilang, mending ada salah satu yang menjawab :-)
Segera setelah ada berita dari UNHAS, DNS-ku akan aku jadiin "slave" lagi.

Kalau UNHAS mau, mail-mail yang masuk, daripada mendhal, bisa aku set agar
ditampung sementara di mail serverku, atau terserah di mana. Untuk
rekan-rekan di UNHAS, pls. konfirmasi.

> Salam hormat dan semoga sukses selalu,
> -kelik-

OOT: Ini Kelik yang anak Elektro UNHAS angkatan 1986 kah?

Adi Nugroho