Untuk bisa mendaftarkan domain .com .net .org .biz dan .info memang
benar nama Name Server harus didaftarkan terlebih dulu. Sewaktu
pendaftaran domain .com .net dan .org masih dikelola oleh Network
Solutions, pendaftaran Name Server untuk TLD dan ccTLD harus melalui
Network Solutions. Sekarang Name Server (terutama untuk TLD .com .net
dan .org) bisa didaftar melalui tempat dimana domain itu terdaftar.

Ada beberapa pendaftar domain terakreditasi ICANN yang menerima juga
pendaftaran Name Server dari domain ccTLD (termasuk domain .id). Akan
tetapi, pendaftaran Name Server untuk domain ccTLD tidak menyertakan IP
address tempat Name Server tersebut berada.Sehingga harus dipastikan
bahwa Name Server yang akan didaftarkan harus bisa diakses secara
global. Akan lebih baik lagi kalau Name Server ccTLD .id didaftarkan
juga ke IDNIC, untuk ditambahkan pada record DNS IDNIC. (Tapi di IDNIC
belum ada fasilitas ini yaaa, saya pernah mencoba mendaftar NS saya juga
belum ada tanggapan).

Masalah akan timbul, kalau domain itu menggunakan NS dari domain yang
sama, dan NS itu tidak terdaftar di IDNIC.
Misalnya, katakan ada domain abcd.co.id didaftar ke IDNIC menggunakan NS
ns1.abcd.co.id dan ns2.abcd.co.id (IP address untuk ns1.abcd.co.id dan
ns2.abcd.co.id tidak ada di NS record IDNIC, karena sekarang IDNIC tidak
pernah memasukkan data IP address untuk NS. Padahal dulu IDNIC selalu
memasukkan data IP address setiap NS). Katakan kita mendaftar juga
domain abcd.com dan abcd.net yang juga menggunakan ns1.abcd.co.id dan
ns2.abcd.co.id. Lalu, karena punya NS server banyak, dibuat juga NS
ns3.abcd.co.id dan ns4.abcd.co.id. Kemudian kita mendaftar domain
xyz.com, xyz.net, dan xyz.web.id atau domain-domain lainnya yang
menggunakan NS ns4.abcd.co.id dan ns5.abcd.co.id. Kira-kira
domain-domain itu bisa diakses tidak ya???

Buat Pak Rinto Exandi, kalau Bapak mau meregister NS domain .id Bapak ke
register domain terakreditasi ICANN, agar bisa mendaftar domain lain
menggunakan NS tersebut, saya bisa membantu. Silahkan lewat japri saja.

Abdussalam Sukarta
---