Dear All,

Saya ingin membahas tentang domain NET.ID,
Berdasarkan keterangan/peraturan mengenai domain net.id pada web site IDNIC:

4.NET   DTD-NET.ID khusus untuk perusahaan penyelenggara
yang akan memiliki pelanggan eksternal yang bukan merupakan anggota
organisasi tersebut. Perusahaan harus merupakan badan hukum sah yang
memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau badan hukum sah yang
berbentuk PT, PK, atau Firma yang memiliki akte serta izin usaha yang
terkait.

Paragraph diatas menyatakan persyaratan khusus untuk domain  net.id adalah
adanya pelanggan eksternal yang bukan bagian dari organisasi perusahaan yang
mengajukan domain net.id.

Dalam keterangan tersebut tidak disebutkan secara eksplisit bahwa perusahaan
tersebut haruslah sebuah ISP (atau perusahaan yang mempunyai ijin usaha
layanan akses Internet).

1) Saya setuju dengan isi paragraph diatas, bahwa Net yang dalam bahasa
indonesia diterjemahkan sebagai "Jaringan", mencakup lingkup yang cukup luas
tidak hanya net dalam pengertian ISP. Internet yang pada dasarnya merupakan
"net of nets" tidak hanya berhubungan dengan user pengguna Internet dan ISP
penyedia akses Internet, tetapi juga mencakup jaringan yang lainnya, seperti
halnya net of mobile communication, net of wireless communications, dll.
2) Bilamana arti dari net itu sendiri sudah demikian dipersempit untuk hanya
layanan akses Internet, mohon hal ini di tuliskan secara eksplisit didalam
peraturan tersebut untuk menghindari salah interpretasi oleh masing-masing
pihak.
3) Pada dasarnya saya pribadi tidak setuju pada point 2 yang mempersempit
arti dari net itu sendiri. Sebab Jaringan Informasi global yang disebut
dengan Internet itu sendiri sedang berevolusi yang tidak hanya menghubungkan
pc to pc atau pc to server seantero dunia, tetapi juga mencakup mobile
communication, handheld devices, wireless devices yang pada akhirnya menjadi
bagian dari Internet itu sendiri.
4) Saya mengusulkan (bilamana belum pernah diusulkan) untuk mempertimbangkan
ulang pengertian domain net.id, agar dapat mengakomodasi perkembangan yang
terjadi di dunia Internet.

Terima kasih atas perhatiannya,

Saya tunggu tanggapannya,

Julyanto Sutandang
PT mVcommerce Indonesia
Sudirman Tower Lt. 16 Jakarta - Indonesia
Ph: 021-5201375, Fax: 021-5201376