Salam,

Saya baru saja lihat 4 video Madura: Debt of Honour di YouTube. Video ini sudah
lumayan lama diupload ke YouTube, yaitu pada 10 November 10 2008 yang lalu.
Link orang yang mengupload video tersebut menjurus ke kristenisasi, yaitu
http://gospelgo.com/Jawa.htm.

Saya bisa memastikan semua pemeran dalam video adalah orang Madura asli dengan
dialek khas Bangkalan. Pemeran dan penyajian unsur-unsur kristenisasi dalam
video tersebut memang bisa mengecoh orang-orang awam (kebanyakan orang Madura
memang masih awam).

Sayangnya, saya tak begitu mengerti dunia internet dan video sehingga saya tak
bisa melacak lebih jauh lagi tentang video ini. Saya hanya bisa menduga bahwa
semua pemeran ini adalah orang awam yang dibayar dan dilatih sedemikian rupa
tanpa mereka ketahui ada apa sebenarnya di balik pembuatan video ini.

Silakan klik Madura: Debt of Honour di atas untuk menyaksikannya sendiri.
Bagaimana tanggapan teman-teman?

M. Subhan Zamzami

Kirim email ke