salamini ada tulisan menarik banget,,,yang ditulis pak budiman hakim di
kompasiana alamatnya di http://budimanhakim.kompasiana.com/?p=59selamat
membacaagusr----------------------------Tuhan Itu Selalu On Line
Oleh budiman hakim - 25 Augustus 2009 - Dibaca 1435 Kali -

Menulis buku itu seperti merobek selaput perawan. Pertamanya susah dan ga ga
bisa dinikmati, tapi kalo fase itu udah terlewati, selanjutnya jadi enak banget
dan gampang. Bahkan bisa-bisa kita jadi ketagihan dan menjadi maniak menulis.
Pikiran kita bisa didominasi oleh satu hal saja: mau menulis dan menulis lagi.
Dan itulah yang terjadi pada saya.

Sehabis menulis buku ‘Lanturan tapi Relevan’ (Sebuah buku tentang Dasar-dasar
Kreatif Periklanan), saya mendapat pelajaran bahwa semua orang itu bisa
menulis. Kecuali dia buta huruf. Ga ada orang yang ga bisa menulis. Yang ada
hanyalah orang itu ga tau bahwa dia bisa menulis buku. Atau bisa juga karena ga
minat atau malesnya minta ampun. Yang lebih memilukan, banyak copywriter merasa
bahwa mereka ga mampu menulis selain bikin naskah iklan. Parah kan?
Pertanyaannya adalah kenapa ada orang merasa bahwa dia ga mampu?

Untuk mengetahui jawabannya, saya mulai dengan menganjurkan temen2 untuk
menulis. Bukan hanya temen dari periklanan aja yang saya suruh nulis tapi juga
yang dari bidang-bidang lain. Dan ternyata, walau datang dari bidang berbeda,
mereka mempunyai jawaban yang sama.

Misalnya, kawan saya, Asep yang paling doyan bikin puisi, nyautnya gini, ”Bikin
buku puisi? Ga mungkinlah gue bisa nulis seperti Gunawan Mohammad atau Sapardi
Djoko Damono.”

Mantan pacar saya, Bintang, yang dari dulu pengen banget bikin novel beralasan,
“Rasanya mustahil gue bisa nulis novel sebagus Ayu Utami atau Dewi Lestari.”

Kalo Rio yang kerja sebagai Manager Marketing di perusahaan rokok malah ngotot
nyautnya,”Bikin buku? Gila lu! Emangnya gue Hermawan Kertajaya apa? Lu kira gue
Rheinald Kasali? Mereka tuh dewa-dewa marketing. Gue mah ga ada seujung kuku
mereka dalam hal pemasaran.”

Lucu ya? Jawaban teman-teman saya semua mengacu pada buku-buku yang telah ada.
Mengacu pada penulis terkenal. Merasa harus menulis sebagus pendahulunya. Harus
menulis dengan gaya penulis besar. Harus sepintar mereka. Harus mempunyai ilmu
pengetahuan yang sama dengan mereka. Mereka merasa harus menjadi orang lain.

Siapa yang mewajibkan kita harus seperti itu? Setiap orang tercipta dengan
keunikan tersendiri. Pendidikan kita berbeda dengan mereka. Latar belakang
hidup kita juga berbeda, begitu juga dengan pengalaman hidup, cara memandang
kita terhadap sebuah persoalan tentu juga berbeda. Masing-masing orang
mempunyai kekhasan sendiri-sendiri. Intinya adalah kita berbeda dengan mereka..
Lalu kenapa kita berusaha menjadi mereka?

Kan ga harus gitu? Siapa yang mengharuskan kita jadi orang lain? Bikin dong
buku sendiri. Pake gaya sendiri. Keluarin aja pengetahuan yang ada, walaupun
yang ada cuma seadanya. Kalo ga punya ilmu juga ga papa. Bikin aja buku tentang
seseorang yang ga punya ilmu. Atau buku yang isinya semua tentang pertanyaan.
Buku kan ga harus tentang solusi. Buku adalah tentang ekspresi. Tentang emosi.
Dan tentang cerminan diri. Karena itu jadilah diri sendiri!

Yak! Itulah kuncinya. Kita harus menjadi diri sendiri. Janganlah membohongi
diri sendiri. Kita adalah kita! Kalau kita jujur maka kita akan menerima bahwa
kita punya gaya tersendiri. Tuangkanlah apa yang ada dalam diri dengan jujur.
Kejujuran dalam berkarya adalah kunci tercapainya sebuah masterpiece.

Kalo emang rasanya bikin buku itu terlalu makan waktu? Kan bisa bikin buku yang
tipis aja dulu (Kayak stensilan gitu loh). Atau bikin artikel pendek terus
kirim ke mass media. Masih merasa ga mampu juga? Bikin aja tulisan di blog.
Tulis apa aja sesuka kita. Kalo susah pake bahasa baku, tulis aja pake bahasa
koboy, kalo rasanya ribet pake bahasa tulis, pake aja bahasa lisan yang biasa
kita pake sehari-hari. Tinggal pindahin omongan ke dalam blog kok. Gampang kan?

Saya, alhamdulillah, bersyukur banget dengan adanya blog. Tiap kali ada cerita
lucu, pindahin ke blog. Kalo ada kejadian aneh, tulis di blog. Tanpa terasa
sebenernya blog merupakan tempat ideal untuk menempa ilmu dalam menulis.
Janganlah menulis hanya ketika diberi tugas. Kemahiran menulis itu proses. Coba
deh bikin blog, kalo udah banyak tulisannya, kita pasti merasakan manfaatnya.
Cara ngebuktiinnya gampang kok. Bandingin aja tulisan pertama kita di blog
dengan tulisan kita yang terakhir. Pasti banyak bedanya. Pasti keliatan
kemajuannya.

Kalo lagi ga ada kerjaan, saya suka browsing ke blog-blog orang. Di sana saya
banyak menemukan tulisan-tulisan ringan yang bagus (Yang jelek lebih banyak
sih). Tapi yang sangat bagus juga cukup banyak. Salah satu di antaranya adalah
tulisan anak ABG yang baru duduk di bangku SMP. Tulisannya ringan namun terasa
jujur banget. Saya ampe merinding bacanya. Tulisannnya begini.

“Jam 9 PM.
Pulang dari rumah Putri, Chika langsung masuk kamar. Aduh…laptop masih nyala.
Lupa matiin lagi pas pergi tadi. Eh? Di monitor ada offline message dari Yahoo
messenger. Isinya; Tuhan : Hayo udah sholat blom?

Hihihihi… Tuhan emang selalu baek sama Chika. Dia ga pernah bosen ngingetin
Chika sholat. Chika langsung ngejawab messagenya. Walaupun statusnya selalu
invisible, Chika tau Tuhan itu selalu on line. Kita bisa chatting sama Tuhan
kapan pun kita mau. Begini nih percakapan Chika sama Tuhan :

Chika : Hellow Tuhan. Makacih loh udah ngingetin sholat. Tuhan lagi apa?

Tuhan :Lagi ga ngapa2in. Nungguin kamu aja dari tadi.

Chika : Halah Gombal! Paling juga chatting sama orang lain.

Tuhan : Ya iyalah. Semua orang kan butuh Tuhan. Bukan kamu aja…

Chika : Kesian banget deh. Tuhan pasti capek banget ya?

Tuhan : Ga lah. Biasa aja. Kamu udah sholat belom?

Chika : Ntar aja ah, waktu Isya kan panjang. Eh Tuhan aku mau curhat nih.

Tuhan : Curhat apa? Aku selalu siap dengerin.

Chika : Anu, si Randy sebenernya naksir aku ga sih? Kalo iya kok dia belom
nembak aku juga ya?

Tuhan : Waduh! Aku kurang tau tuh?

Chika : Ih bo’ong. Sebeeeeeel. Tuhan kan maha tau. Ayo kasih tau dooong. Kalo
ga aku ga mau sholat nih.

Tuhan : Hahahahaha kamu manja amat sih. Kalo kamu sendiri? Suka ga sama Randy?

Chika : Hmmm suka sih tapi belom terlalu dalem hihihihihi….

Tuhan : Menurut kamu, Randy suka ga sama kamu?

Chika : Ga tau. Kalo tau kan aku ga nanya sama Tuhan.

Tuhan : Coba mikirnya pake hati, jangan pake otak. Tanyakan pada hatimu, Randy
suka ga sama kamu?

Chika: mmm….kayaknya sih iya.

Tuhan : Nah itu jawabannya. Jangan nyari jawaban di otak melulu. Kadang jawaban
itu ada di hati, di kaki, di perut, di punggung, di mana2lah. Jadi kamu harus
jeli nyarinya.

Chika: OK. OK. Thanks ya Tuhan. Kamu baek banget deh. I love you…

Tuhan : Love you 2 darling. Jangan lupa sholat loh…

Chika: Pasti dunk…”

Inspiring banget kan? Tuhan chatting pake Yahoo Messenger. Saya baru nemuin ada
orang yang menempatkan perspektif Tuhan sebagai tokoh yang bukan untuk
ditakuti. Bukan sebagai tokoh tua, besar dan agung. Tapi justru jadi temen
sebaya dengan lifestyle yang sama dengan dia.

Sebagai temen, anak itu ga risih menggunakan kata ’sebel’, ‘boong’ dan ‘gombal’
pada Tuhan. Bahkan ga pernah terpikir di otak saya, Tuhan kok bisa-bisanya
ngomong,”Love you 2 Darling.” Hahahahaha…memang orang punya cara
sendiri-sendiri dalam mengekspresikan cinta pada tokoh yang digandrunginya.

Sekarang mari kita lihat gaya penulisannya. Sangat orsinil. Terasa banget dia
menulis dengan gayanya sendiri. Sehebat apa sih pengetahuan anak itu tentang
Tuhan? Ga tau! Tapi kita ga perlu mempermasalahkan hal itu kan? Caranya menulis
sangat apa adanya. Kejujurannya terasa menyentuh sekali. Kejujurannya telah
memberikan perspektif yang unik dari sosok Tuhan. Keterbatasannya justru
membuat tulisan anak ini menjadi berbobot.

“Walaupun statusnya selalu invisible, Tuhan itu selalu on line” Saya suka
banget loh kalimat itu….

Kirim email ke