--- In indo-marxist@yahoogroups.com, sapta maji <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> salam pembebasan!
> betul sekali bung! kalo anda bilang media televisi
> merupakan alat pembodohan massal yang digunakan oleh
> corak produksi pasar. apapun yang dapat digunakan
> untuk menarik konsumen itu merupakan halal bagi kaum
> penganut pasar asalkan dapat mengeruk akumulasi modaL.
> bukan hanya media tapi makanan yang kita makan! serta
> segala yang melekat di tubuh kita semua adalah hasil
> dari corak produksi kapital!
> dengan corak produksi pasar seperti ini tak ada lagi
> seni, tak ada lagi invent nyata semua hanya berbicara
> [...]

wah menurut gw, media tetap netral. media bukan pesan , jadi bukan
pembodohan massal. Contohnya ya iklan-iklan itu. Iklan itu tetap
netral,tergantung orang yang ngintrepretasinya. Ada orang yang
ngintrepretasi dengan jalan melakukan konsumsi produk, ada juga yang
mengintrepretasi bahwa iklan itu ya sarana yang bisa mempercepat
revolusi, membuka jurang kesenjangan antara kaya dan miskin, bikin
kita sadar. jadi walaupun konten nya mengajak, tetapi pesan itu
menjadi tersampaikan atau tidak,maknanya tetep ada pa da yang
ngeliatnya. jadi ga bisa disebut pembodohan juga dong, malah membikin
kita pinter, pinter untuk cepet-cepet melakukan revolusi. sorry kalo
agak sartrerian.

tapi yang jelas, bagaimanapun massa lah yang membuat sejarah (gw ga
ngerti maksudnya apa).

nanya dong, klo komunitas marxist di bandung dimana ya?

gw kuliah di PTN brengsek!!!! yang cuma bisa ngajarin efisiensi dan
efektifitas. ngomongnya serba untung rugi.

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/vbOolB/TM