From: "Martin Manurung" <[EMAIL PROTECTED]>
To: "FE UI Today" <[EMAIL PROTECTED]> dll
Date: Fri, 19 Feb 1999 10:16:20 +0700
Subject: [feui-today] TRANSKRIP PERCAKAPAN
             HABIBIE & ANDI GHALIB

Berita Utama Jumat, 19 Februari 1999

Transkrip Percakapan yang Menghebohkan

BERIKUT transkrip rekaman pembicaraan telepon itu yang dimuat Harian
Merdeka mengutip Panji Masyarakat No 45 Tahun II tanggal 24 Februari
1999:

Mirip-mirip suara Habibie: Kabarnya baik?

* Mirip-mirip suara Ghalib: Alhamdulillah, Pak.

Begini, saya mau tanya mengenai orang itu, seperti e... apa
namanya..., Panigoro dan Jusuf eh apa, Wanandi dan yang saya kasih
bahan-bahannya itu, gimana?

* Jalan terus, Pak.

Jalan, ya. Karena orang tanya-tanya itu.

* Jalan terus, cuma khawatir kalau tindakan kita kontra produktif...

Soalnya dia gerak orang itu, dia gerak.

* Ya, tapi kita pegang terus, ya. Pegang, tapi kita mau mengarahkan
kepada suatu...

Coba deh, begini, tolong saya diberikan laporannya deh. Bagaimana
keadaannya, sampai sejauh mana itu.

* Ya, dan ini kebetulan itu, bersama dengan kasus-kasus penanganan Pak
Harto.

Ya, ya itu saya mengerti, ya. Tidak bisa cepat juga karena ada kasus
Pak Harto.

* Dalam pemeriksaannya... udah puluhan (tertawa).

Nggak juga, bukan itu aja, orangnya terbatas toh. Tapi, penting itu,
orang aja juga tanya.

* Tete... tetap Pak. Tetap, Pak. Insya Allah, insya Allah, Pak.

Tolong saya diberikan satu nota sedikit.
Tapi dengan Bapaknya baik, ya?

* Bagus sekali. Beliau, ee...beliau, apa namanya kelihatan ya
merasakan ini tindakan yang harus memang dilakukan. Sebab kalau tidak,
nanti pengadilan rakyat.

Dia juga udah siap dia itu?

* Ya. Pengadilan rakyat, jadi itu orang udah, waduh ndak sabar memang.
Tapi begitu, kita sudah panggil beliau, sekarang kelihatan tensinya
sudah menurun. Pak, reaksi masyarakat malah kembali kasihan, kan? Ini
kan sudah mulai bagus. Jadi, mudah-mudahan ini bisa...

Ya, jadi yang akan datang kapan itu?

* Kita belum anu, Pak. Kita belum umumkan. Kita cari dulu yang lain,
supaya ada waktu, Pak.

Jadi tolong itu ya sekarang diisi dengan tiga orang itu.

* Ya, Pak, ya, insya Allah, insya Allah.

Ya!

* Insya Allah, Pak.

He eh, karena tadi saya dapat feedback dari Pak Anu, Pak Achmad Tirto.

* Ya, ya.

Pak Achmad Tirto tadi dia ada datang sama saya, en dia baru, kan ICMI.
Ha, dia dari ICMI terus baru juga dari KAHMI. En, itu mereka udah-udah
mulai bergerak. Jadi... ditanya kok, kenapa nggak...nggak ada yang
Panigoro dan Cs itu.

* Ya, tetap jalan, Pak.

Padahal itu dia sekarang mulai bergerak dia finance-finance yang lain
(suara dering telepon...)

* Ya, Pak, insya Allah.

He eh, oke yang lain baik-baik ya?

* Alhamdulillah

Sudah naik bintang lima situ, ha...ha...

* Aduh, Pak, rasanya tidak bisa tidur kita ini, aduh. Itu saya
pindahkan, Pak. Kalau nggak pindah, mungkin jebol itu seluruh
Kebayoran itu.

Iya, heeh.

* Jadi malam itu saya suruh kirim anu. Masalah keamanan saya urus
sendiri langsung itu, Pak. Saya urus helikopter.

Tapi kurang ajar yang bocorin itu.

* Ya.

Yang bocorin itu kok pagi-pagi udah diumumkan di TVRI lagi.

* Jadi begini ceritanya, jadi malam itu, kan saya sengaja bikin
kamuflase,
cari anu itu cari SAR itu helikopter. Saya pasang di atas kan. Jadi
sebetulnya memang mereka sudah tahu di sana. Tapi, begini, itu begini
juga Pak. Kita juga tidak boleh terlalu anu, nanti kalau kita tidak
umumkan, salah kita, Pak. Secara hukum kita seolah-olah menipu.
Begitu, Pak. Jadi nggak boleh kita diam-diam.

Tapi you umumkan

* Ndak, Pak. Setelah beliau di situ, Pak. Setelah beliau berjalan,
baru kita beri tahu.

Oh, begitu.

* Kalau tidak begitu...

Sudah bilang sama Pangab dong, sudah bilang?

* Ya?

Sudah bilang sama Pangab.

* Ya, beliau begini, khawatir sekali. Saya bilang begini.

Sudah dijelaskan?

* Begini, beliau sangat khawatir. Saya bilang begini, Pak, serahkan
sama sayalah. Percayalah sayalah. Kayaknya, percaya sama saya, saya
kan ini sudah dapat tugas dari Bapak. Saya kan juga sudah mengerti apa
tugas saya. Jadi, anulah. Jadi nggak usah terlalu worry.

He eh.

* Akhirnya beliau mengerti. Jadi, akhirnya kita dapat mempercepat itu.
Jadi, tidak sampai sore. Kalau yang lain kan tujuh-delapan jam, Pak,
itu Bob Hasan delapan jam, tujuh jam.

Kalau Bapaknya berapa jam?

* Tiga jam lebih.

Ya, udah cukup.

* Iya, tapi kan kalau cuma dua jam juga nanti orang, wah, sandiwara
apalagi nih.

Nggak.

* Begitu, Pak.

Oke, baik-baik ya.