> sometimes more than that mas.  itupun kalo ditanggung masih hidup lagi.
> adik saya udah bayar mahal-mahal masih dikejar dengan senjata tajam di
> pelabuhan sewaktu mau naik kapal meninggalkan ambon, TNI cuma melongo
> saja.
>  jadi ceritanya orang ambon harus kabur dari daerahnya sendiri, bayar
>  lagi,
> mau ditikam lagi, what a hell! ini negara atawa?

*di bandung ceritanya lain lagi. para juragan itu di suruh naruh dhuwit di
suatu rekening bank, lalu sang preman resmi bersenjata menerima bunga
banknya doang. salah seorang juragan pernah cerita kepada saya bahwa bunga
rekening itu mencapai di atas 1 m sebulannya.

*tahukah anda jumlah uang keamanan per hari yang musti dibayarkan kepada
preman resmi bersenjata yang menongkrongkan pansernya di kompleks
pertokoan dalam peristiwa bbq jakarta?

*agar bis malam yang sampai ke daerah wonosari sana aman aman saja,
agen/juragan bis ini musti rela 'caos dhahar' rutin per bulan [kadang
kadang plus dhahar darurat] kepada seluruh kantor penjaga keamanan resmi
antara yogya dan daerah-daerah tujuan akhir bis malam itu. 'caos dhahar'
ini belum termasuk upeti untuk kepala kantornya.

*tahukah anda bahwa sopir bis malam dibekali oleh agen/juragannya dengan
uang 'mel' agar 'selamat' dalam perjalanan antara jakarta dan daerah
daerah di yogya?

Kirim email ke