Yang jelas kalo itu terjadi, Howard nggak akan kepilih jadi PM lagi... This
(sending Aust. troops) is just one his political movement to get himself
re-elected. Pengen jadi Presiden 'kali (kalo nggak salah Aust. mau nentuin
apakah stay with Monarchy or change to Republic, can somebody clear me on
this?)
Ngapain sih Aust mau break up hubungan yang udah dibina bertahun2 antara
Aust-Indonesia? Howard itu skill diplomasinya gimana sih...Mau sok jadi
international police kayak US..Kok agak2 nggak taktis pemikirannya. Sampe
pake ngasih pidato address to the nation segala.. Kita (RI) dulu ngirim
pasukan Garuda 1 sampai 8 (kalo nggak salah), nggak pake pidato2 propaganda
perang seperti itu.
Saya sebenernya ikut simpati dengan apa yang terjadi di timtim...tapi campur
tangan aust. ini memperkeruh masalah delam negeri kita sendiri.
Kalo masalah menangis, saya juga nangis kalau ngupas bawang merah (:-))
hehehe...
Banyak orang Aust' bilang : "by sending troops to ET we are helping ET
people and to repay our debt in World War II". Ok, memang ada orang Aust.
yang punya motive murni seperti itu. That's fine, tapi untuk seorang
pimpinan negara kayak Howard, pertimbangan "ngotot" mengirim pasukan dan
mendiskreditkan indonesia, justru memperburuk masalah.
Saya pribadi sakit hati dengan ucapan Howard seperti itu.
Oke, suppose ternyata setelah nanti tentara masuk ET dan banyak yang tewas,
image dia buruk, di nggak re-elected, PM berikutnya bakal punya tugas yang
lebih berat lagi. Whether we like it or not, Aust. dan Indonesia itu
bertetangga, jadi pasti kekisruhan ini bakal mengganggu hubungan kita di
masa depan. Howard ngggak mikir sampe situ, kasian PM yang berikutnya.
Kalau pun dia di re-elected, trus after some period he's not re-elected
again, so the Prime Minister will someone else; PM yang baru ini musti
menghadapi masalah hubungan yang sudah retak ini.

So...we'll just wait and see what happens.

Regards.

Ferdiyan