Teman-teman Indoz-net semua,

Ternyata   BMPSPBA  di tanah air perlu di-REVISI
dengan menambah   'Daftar   Pustaka',  agar  lebih
mudah dimengerti.

Singkatnya,    simaklah  kedua percakapan kedua
teman kita   dibawah   ini yang sedang berbincang-
bincang tentang BMPSPBA.
====================
>Date sent:      Mon, 25 Oct 1999 16:48:49 +1100 (EST)
>From:                  "Nasrullah Idris" <[EMAIL PROTECTED]>
>Subject:               Memodifikasi Buku Mata Pelajaran Sejarah
>                     Penemuan Benua Australia [BMPSPBA]

Nasrullah Idris:
> Selama ini opini sejarah yang muncul dalam sejarah
> tentang   Australia   di   tanah air adalah orang yang
> pertama kali   menemukan   benua  Australia adalah
> orang Eropa.

Yusuf L. Henuk:
   Selama ini catatan yang tertulis dalam sejarah tentang
   Australia bukan di tanah air telah terringkas demikian:

   "January 26, 1788 ...A   shipload of   English convicts
     headed   by   Captain-General   Arthur  Phillip sailed
     into   Sydney   Cove,  disembarked, and unfurled the
     British flag over the mainland of Australia" (A SHORT
     HISTORY   OF   AUSTRALIA, Manning Clark (1969),
     2nd  Edition.   Mentor   Books,   The  New American
     Library, Inc., New York).

Nasrullah Idris:
> Belum lama ini saya mendengar bahwa orang Sulawesi
> jauh   lebih   dulu   berhubungan dengan orang Aborigin
> ketimbang orang Australia.

Yusuf L. Henuk:
   Untuk   memperjelas pendengaran Bung Nasrullah Idris,
   saya mengutip tulisan Clark (1969) diatas halaman 14:

   "By the early fifteenth century Chinese  were trading
    with   Sumatra, Java,   Timor,  and Macassar in the
    Celebes. The   Chinese  interest in the trepang  and
    the bird of paradise, which commanded a high price
    in Peking, had caused   them  to use the Bugis sea-
    men from Macassar as carriers. The exchaustion of
    the trepang fishing-beds close to Macassar sent the
    Bugis   in time  as far afield as the northern coast of
    Australia, to   which  they gave the name Marega, or
    'land of the trepang'.

Pada kenyataannya, tidak diketahui dengan jelas tanggal
yang pasti, nama  orang   Bugis  (misalnya: Andi Mariem
Matalata, Andi Ghalib   dstnya)   dan   lebih   penting lagi
BENDERA NEGARA asal orang Bugis.

Nasrullah Idris:
> Kalau memang itu betul,  apa salahnya buku pelajaran
> sejarah   dunia,   tepatnya  tentang sejarah penemuan
> Australia, kita modivikasi saja.

Yusuf L. Henuk:
   Karena memang itu  telah betul, maka adalah lebih
   benar   apabila   BMPSPBA   perlu  di-REVISI saja
   dengan menambah 'Daftar Pustaka'  yang berkaitan
   erat dengan penemuan Australia.

Salam 'duet',

Nasrullah Idris & Yusuf L. Henuk

Kirim email ke