Kepada Yusuf yang baik

Saya mau bertanya apa maksudmu?
Siapa yang munafik?
Bagi saya ini adalah pertanyaan yang aneh.

Apa itu orang Australia?
macam macam
Apa itu orang Indonesia?
macam macam
Apa itu orang manusia?
macam macam

dan walaupaun manusia macam2 - misalnya - ada yang mempunyai hati yang penuh
dengan perasaan benci/  juga ada yang mempunyai hati yang penuh degan
cinta - jarang ada seseorang yang tidak PERNAH ---- munfik, racist, benci
dlsb

Masalah racism adalah masalah yang menghadiri dalam hati manusia kadang2 -
mungkin kebanyakan orang pernah mengalami perasahan takut, benci atau tidak
senang kepada wajah yang warna lain sebab- masih belum mengerti, belum
berpengalaman, belum biasa, merasa aneh, terkejut atau juga karena kena
pengaruh dari keluarga atau masyarakat- pada saat pikiran itu datang ke
dalam otak kita - kita punya kesempatan - apakah kita menyadari pikiran itu
adalah racism - dan setelah itu kita dapat pilih - apakah kita setuju dengan
pikiran itu atau apakah kita menolak pikiran itu dan mengusahakan untuk
merobahkan pikiran di dalam otak sendiri -

Pikiran/otak kita adalah sebuah alat yang kita bisa pakai - dan kita mesti
bisa mengatur pikiran kita supaya positif - kalau mau - its really up to
each person to control their own thoughts - dalam pendapat saya - saya mau
mengakui bahwa saya sendiri kadang2 pernah mengalami pikiran racist di dalam
otak saya dan kalau pikiran itu datang kedalam otak saya - saya berjuang
dalam diri sendiri supaya mengatasi dan memusnahkan perasaan/pikiran itu -
karena saya punya prinsip anti-racism dan saya usahakan mengatur pikiran
saya supaya mengikuti prinsip saya - its up to each one of us - esp as
intellectuals, teachers,  students, academics, community members to
contribute to the progress of human development by directing our own minds
to be clear about prisip kemanusian supaya kita bisa mempengaruhi pemerintah
atau masyarakat kita dengan pengaruh yang baik dan positif.- lewat pemilu ,
tulisan, pembicaraan, diskusi dan lain2

Sejak saya mengikuti list ini saya kadang2 membaca tulisan racist - yang
membuat saya bangkit - karena saya mempunyai keluarga multi-cultural dan
masyarat multicultural. Sebenarnya adik saya punya isteri yang punya
keturunan aborigin dan keluarga saya merasa bangga untuk mempunyai hubungan
keluarga dengan
penduduk asli Australia.

Saya ingat pertama kali saya bertemu dengan orang aborigin - mungkin umur
saya 10 tahun - tetangga kita punya tamu perempuan aborigin yang datang
dalam acara pertukaran sepak bola- orangnya hitam sekali karena dia orang
asli dari Northern Territory - jauh sekali dari Bexley - rumah saya - saat
itu saya merasa terkejut, takut, malu, I shook hands with this young woman
but I don't know if I managed to say more than just "hello" - I was in
shock.
Now -  30 years later I can honestly say I feel comfortable and familiar
with aboriginal people - and feel love and respect when I meet them - I
honour the aboriginal people-
pertamanya - orang aborigin adalah penduduk asli Australia dan mempunyai
kebijaksanaan dan kebudayaan yang sangat menarik dan hebat.
Perobahan di dalam diri saya terjadi karena -
- Pengalaman saya lebih luas dan kesempatan untuk bergaulan dengan orang
aborgin maupun orang dari mana-mana di dunia membuat saya lebih biasa untuk
bergaulan dengan semua orang
- Saya dapat belajar prinsip anti-racism dari orang tua saya - yang sejak
kecil mendidik saya supaya anggap semua manusia sama.

2. Kalau saya melihat orang aborigin yang begitu menderita dari perbuatan
orang putih - saya salud sama mereka sebagai contoh pemaafan dan
anti-racism -
 karena mereka masih mau menemani orang putih -

Forgiveness - is the only answer to many of the world's problems - and it is
certainly one wonderful thing we can learn form the aboriginal people!
Forgive yourself and forgive other people - that is what the aboriginal
people have been saying to me - their words made me cry - for to carry guilt
for what our fathers or countrymen have done ( or even what we have done
ourselves ) is a terrible thing.
Best wishes - peace on earth
Love Judy

Advice/Ide - Forgive everyone - and everything! hasilnya - ketenangan jiwa
sendiri -

Kirim email ke