Alhamdulillah,

Agama mengajarkan kita bersikap adil. Allah Maha Adil telah mengharamkan
kedzholiman. Keadilan datang dari bertindak atas dasar data yang rinci.
Kedzholiman datang dari bertindak hanya atas data mentah atau zhon belaka.

Untuk memahami persoalan gereja liar ini kita perlu memahami duduk perkaranya,
latar belakang antropologis yang mendasarinya, dsb.

Perlu diketahui bahwa sebagaimana dinubuatkan oleh baginda rosul sholallaahu
'alaihi wa sallam, umat Nashoro akan berpecah menjadi 72 golongan. Hal ini telah
menjadi kenyataan sampai sekarang ini. Dan antar golongan/sekte/hizb ini mereka
sebenarnya tidak akur. Jadi antar kristen baptis dengan adven yang sama-sama
dikategorikan protestan misalnya, jangan dibayangkan ibarat antara NU dengan
Muhammadiyah yang masih bisa sholat berjamaah di satu mesjid; tapi lebih seperti
antara ahlus sunnah dengan ahmadiyah. Penganut Nashrani dari satu sekte tidak
akan mau beribadah di gereja selain sektenya. Inilah sebab antropologis kenapa
orang Kristen butuh banyak gereja.

Selain itu beribadah di rumah apa bedanya sih dengan umat Islam yang mengadakan
pengajian atau halaqoh ? Misalnya di satu kompleks terdapat tarekat anu dan
harokah anu, biasanya kan mereka lebih nyaman mengadakan pengajian atau halaqoh
di rumahnya masing-masing dengan mengundang jama'ah sepemahaman dari luar
daerahnya.

Di sisi lain memang terdapat kekhawatiran sebagian umat Islam akan kristenisasi.
Mereka khawatir kalau satu tempat/rumah sudah dijadikan sarana ibadah maka akan
ada proyek kristenisasi terhadap warga sekitar. Kekhawatiran ini perlu
ditanggapi dengan lebih arif dan bijak. Salah satu upaya yang positif misalnya
dengan memperkuat keterikatan warga dengan mesjid yang ada. Jangan-jangan orang
yang suka protes tetangganya mengadakan kebaktian di rumahnya malah hampir nggak
pernah sholat berjamaah dan pengajian di mesjid lingkungannya (dengan 1001
alasan, kesibukan, nggak kompatibel dengan harokah atau tarekatnya, ustadznya
nggak kreatif, dsb).

Perkara ada negara asing yang meregulasi ketat pendirian rumah ibadah di
wilayahnya barangkali bukan justifikasi bagi kita untuk melakukan pressure yang
sama. Beragama itu kan bukan balas dendam.

Mudah-mudahan kita semua semakin dewasa dan mampu memandang dengan lebih jernih.

Wallaahu musta'an.

= Wizh =

Please respond to Milis is-lam <is-lam@milis.isnet.org>