Hik hik hik gak ada habis-habis nya, ....never ending 'battle'[EMAIL
PROTECTED]:-cmiiw)

-----Original Message-----
From: Raden Budiman [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, January 19, 2006 12:53 PM
To: Milis is-lam
Subject: Re: [is-lam] Syiah & Rujukan...Sedikitnya 345...

On Wed, 18 Jan 2006 18:24:28 +0700
  "Harry Sufehmi" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Agama Syiah justru adalah salah satu agama yang paling
>jumud  :-)

Supaya adil kita adakan juga Agama Sunni.
Kalau Agama Syiah diadakan maka Agama Sunni juga perlu
diadakan.
Jika Agama Syiah ada maka kata-kata syiah memang ada dalam
Al-Quran,
dan saya tak menemukan kata SUNNI dalam AlQuran. Atau
dalam Qurannya
orang Sunni ada kata sunni didalamnya?

Pers barat mulai menyebut-nyebut istilah "muslim syiah"
dan "muslim sunni"
sehubungan dengan fakta yang ada di Timur Tengah.

>karena kata syaikh / Imam bisa menjadi agama.
> Mirip seperti agama Kristen, dimana Gereja = Agama.
>Sehingga kalau kita menonton film Kingdom of Heavens,
>para pendeta mereka sampai berani dengan sangat
>lancangnya berteriak, "God wills it !!".
> Lha, kayak bisa bicara dengan Tuhan saja  :-)

> Padahal, jelas Imam bukan sumber rujukan agama kalau di
>dalam Islam. Walaupun keturunan Nabi saw sekalipun.
> Di agama Islam, landasan kita beragama adalah Quran &
>Sunnah.

Kata "rujukan" itu (kalau saya tak salah) berasal dari
bahasa Arab ro-ja-'a, yang
(salah satu) artinya "kembali".

Bila ada dua orang berselisih maka harus ada orang ketiga
yang mampu
"mengembalikan" persoalan ke akar masalahnya agar kedua
orang yang
berselisih itu mengakhiri perselisihan.

Para Kiayi, Ustadz, Ulama, Guru Agama biasanya dijadikan
sebagai sumber
rujukan (masalah-masalah) agama bagi orang-orang pada
umumnya. Dan
para kiayi, ustadz, ulama, penceramah dll biasanya
merujukan persoalan
agama kepada pendapat para imam, seperti Imam Syafi'i,
Imam Hanafi dll.

Jadi, orang-orang seperti itu dalam kenyataannya menjadi
rujukan dalam beragama.

Imam Ja'far Ash-Shodiq (ra) adalah rujukan banyak ulama
dan ahli ilmu serta
madzhab dalam beragama.

Wassalam,
R.Budiman

> Salam,
> Harry

Speedy Gift 4 You. Pasang Speedy gratis Flexi Trendy dan berhadiah undian :
3 Notebook, 7 Handycam, 9 Digital Camera, dan 25 Modem ADSL. Maaf hanya untuk
Januari 2006.
Info : 147 (Khusus Jawa Timur)