Seperti itu memang sangat disayangkan. Tapi gejala ini memang seiring dengan
"tidak tegas", tapi saya yakin jika MUI lebih ekstrim, akan banyak
pendukungnya. Banyak kemudian orang yang menganalisis perilaku dengan
pendekatan sejarah sebuah lembaga. Walaupun mungkin orang-orangnya sudah jauh
berbeda :

Di sisi lain, level keharaman bertindak dalam dakwah itu juga bermacam-macam,
sebagai contoh :

1. level pro dengan negara yang ada selama ini, walaupun sekuler tapi yang
penting nilai-nilai islam. dalam hal ini juga terdapat dua pendapat hingga satu
mengharamkan ikut dalam negara sekuler dan satulah lagi ok ok saja.

2. perbedaan tahapan dalam metode dakwah, ada yagn sekarang ini baru tahap
sembunyi2, sudah ada yang terbuka, bahkan tidak memasukkan tahapan itu lagi,
tetapi tahap perbaikan ummat saja.

3. pemahanan tentang demokrasi, demokrasi ala barat dinilai haram dan tidak
boleh digunakan, karena daulat di tangan rakyat. mestinya daulat di tangan
Allah. Bagi partai Islam yagn masuk ranah demokrasi akan menganggap demokrasi
sebagai jalan yangmungkin kita bisa masuk .

hmmm mengulang sejarah sebenernya dari awal-awal tahun kemerdekaan, kalau kita
baca tulisan HAMKA .... nota bene masalahnya sama. bagaimana tahun-tahun itu
HAMKA melawan mode : you can see, judi dll, hingga sekarang masuk lagi samapi
UU pornografi.

Berbagai jenis kesadaran terkristal, latar belakagn pendidikan sangat
mempengaruhi. Bahkan antar kesadaran pun bisa saling bergesekan.

Allahu Akbar............