From: Dewa Gede Permana <dewagedeperm...@gmail.com>
Subject: Re: [is-lam] Misteri JUB, Nilai Rupiah, Fiat Standard, dan Standar Emas
To: bsampa...@yahoo.com, is-lam@milis.isnet.org
Date: Wednesday, March 11, 2009, 8:33 AM

He-he-he... ane memang sampe sekarang nggak mudheng, sebetulnya nilai intrinsik
barang itu asal datangnya dari mana; apakah benar karena keterbatasan barang,
kelangkaan, keterbutuhan, dst.., ataukah krn kesepakatan sosial saja. Barang yg
disebut emas (Aurum=Au), mutiara, itu juga begitu, ane juga nggak tahu sejarah
manusia dulu-dulunya kenapa dia bisa bernilai tinggi bahkan sampai dijunjung2
ibarat lambang kemegahan.

Cuman yg ane yakin adalah bhw "nilai intrinsik" barang-barang tersebut sudah
dijungkir-balikan oleh tokoh yang kita kenal sebagai Nabi Isa as. Beliau ini
yang mencoba menggeser makna "nilai" yang telah berurat akar dalam budaya
bangsa israel yang notabene sangat lekat terhadap kebendaan, kemegahan,
kekayaan. Beliau mengajarkan bahwa "nilai" bukanlah berada di barang-barang
itu, melainkan dia nya terletak pada bagaimana engkau memberikan barang-barang
yang engkau sukai itu kepada orang lain yang membutuhkan. Jadi ada pergeseran
dari "nilai barang" menjadi "nilai maslahat", ada semacam pergerakan ke arah
atas menjauhi bumi, dan sepertinya hal inilah yang mendapatkan pertentangan
keras dari umat beliau. Wajar saja, sudah kadung biasa numpuk harta tau-tau
disuruh bagi-bagi ke orang lain, ya ngamuklah orang-orang yg nggak mau ngerti
maksud sang Nabi. Ajaran semacam inipun lantas diteruskan oleh Kanjeng
Rasulullah SAW sampai ke kita-kita. Jadi sungguh para
 Nabi ini memang hendak membawa umat-umatnya bergerak ke arah langit, bukannya
malah terlena membenamkan diri di bumi dengan segala pernak-pernik yang serba
semu.

Nah dari sini mungkin kita sudah bisa memahami jika masih ada orang yang
sedemikian lekatnya terhadap nilai suatu obyek ataupun obyek yang di
obyek-obyek kan (ngobyek kaleee..) seperti dalam kasus kesaktian rp. 100.000
itu.... lha ini sama saja artinya kita balik lagi ke jaman nabi Musa, alias
jadi bangsa samiri. Dus itu berarti kita ini belum bisa dikatakan sebagai umat
Muhammad... nah lho?

Perkara si dokter itu, nurut saya ya balik lagi ke kesepakatan diawal antara si
dokter dan pasiennya. Kalo si pasien bolak-balik datang dengan keluhan yang
sama sementara anjuran dan obat dokter gak diikuti, ya dia wajib bayar lagi utk
nebus kesalahan sendiri. Tapi kalo semata-mata karena kesalahan diagnosis
sehingga salah kasih obat/nasihat, ya si dokter kudu belajar lebih teliti lagi
sekaligus bisa memperhitungkan berapa kerugian yg ditimbulkan pada diri si
pasien akibat keteledoran si dokter. Dan dari sini so pasti kedua belah pihak
sama-sama akan belajar; belajar menjadi dokter yang profesional dan belajar
menjadi pasien yang profesional... he..he..he... (pasien yang profesional =
pasien yang gak mau ke dokter lagi). Jika proses transaksinya seperti ini
mungkin sudah tidak tepat lagi masalah ada/tidak nya riba yg sampeyan ragukan
itu. Sebetulnya angka 50.000 itu kan ya tidak utuh, bisa dipecah-pecah
komponennya, mana biaya produksi, biaya jasa, dan
 biaya kembalian ke pasien jika terjadi malpraktek, dan tentu saja biaya milik
dulur-dulur fakir... kira-kira kan gitu yaa.

:)