On Wed, 22 Sep 2004 09:04:19 +0700, Wishnu Prasasti
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> jadi ogut tuh
> rada kurang percaya ama kehandalan si Ontrack punya software ini, abis
> masa' file yg baru aja kedelete langsung rusak padahal belon ngapa2in, gw
> belon kopi file apapun, gw belom restart tu kompie tapi hasilnya koq rusak,
> bayangin itu baru text file, gimana kalo yg direcover tu file mp3, avi,
> jpg, dll apa ngga labih bapuk lagi tuh hasil recovernya, kesel banget ane
> ama tuh software bapet! nah rekan2 sekalian ada yang bisa kasi masukan gak
> software Recovery/disaster yang terbaik dari yang pernah ada didunia IT
> [...]

Biarpun baru saja anda copy file tersebut tapi apakah kita bisa jamin
sector tempat data tersebut tidak ditempati oleh data lain yang
mungkin dipakai oleh sistem untuk flushing saat anda men-shutdown
komputer tersebut ?.

Metode yang menurut saya keberhasilannya tinggi setelah anda menyadari
telah secara tidak sengaja menghapus file adalah segera mematikan
paksa komputer tersebut tanpa melalui proses shutdown normal. Setelah
itu copot harddisk tempat data yang akan di-recovery dan pasang
sebagai slave di sistem komputer/harddisk lain baru jalankan software
recovery-nya.

Cara lain yang lebih gampang adalah tetap dengan mematikan paksa
komputer, setelah itu boot pakai disket dan jalankan software recovery
dari disket juga. Setahu saya Easy Recovery yang versi 5 bisa bikin
disket untuk keperluan ini. Nggak tahu apakah yang versi 6 bisa juga
sebab ukuran installer-nya saja saya lihat besar sekali.

Dengan kata lain, keberhasilan recovery data lebih tergantung pada
metode. Software cuma sebagai alat bantu saja.