On Thu, 2004-11-04 at 12:38, Hasta Purnama wrote:

> [...]
> di daerah mega kuningan, thamrin, Sudirman, Jakarta
> umumnya, Mereka kebanyakan dikontrak hanya 6 bulanan
> based on project dan tenaga mereka kurang begitu
> dihargai dengan diberi salary dengan range umumnya di
> pasaran. Ini sangatlah tidak adil mengingat mereka
> direkrut sudah dengan memiliki bekal skill & knowledge
> yang didapat dirinya sendiri. Hal ini sangatlah ironis
> dengan apa yang perusahaan penyalur dapatkan, karena
> satu bulan mereka para penyalur bisa mendapatkan
> sekitar 4 kali lipat bahkan lebih dari gaji yang
> diberikan!!!. Serakah?? Atau Tidak tahu malu?? (dasar

Lho kalo sudah tahu cuman gaji segitu, kok masih mau dikontrak?

> 2. Tenaga IT di Indonesia juga banyak masih mengambil
> dari luar(India, Singapore, dll), mereka kebanyakan di
> posisi management dan juga menduduki posisi strategis
> di instansi instansi. Kenapa kita di Negara sendiri
> begitu menghargai meraka sebagai expatriate yang
> bergaji gede!!! Toh  pekerjaan mereka bisa dikerjakan
> orang lokal Negara sendiri. Masih banyak warga kita
> yang butuh kerjaan!!! Betul gak???

Saya lihat gejala di atas biasanya terjadi di perusahaan MNC.
Kalo perusahaan lokal sih OK OK aja.
Kenapa MNC banyak gaji expat walaupun cuman Asian seperti Singaporean.
Pinoy dan Indian? Soalnya mereka lebih bisa berbahasa Inggris, bahasa
universal internasional.

>       Yang menjadi concern saya saat ini:
> 1. Seharusnya ada kebijakan dari pemerintah ataupun
> kode ethic antar professional IT untuk lebih
> menghargai tenaga lokal dan juga melindungi hak hak
> yang sewajarnya didapatkan professional IT terutama
> yang kerja kontrak(based on project).

Kalo kerja kontrak, dan kontrak habis, asalkan semua yang dituliskan
dalam kontrak sudah dilakukan dan diberikan, tidak ada kata tidak
menghargai kalaupun putus kontrak.
Pelaku bisnis adalah profit oriented, bukan badan sosial.

> 2. Bikin aturan main yang jelas untuk perusahaan
> penyalur tenaga kontrak, jangan hanya main salur aja!

Nah, sebagai pekerja, baik baiklah membaca isi kontrak dan really read
between the lines

> 3. Bagi kawan kawan IT professional terus tingkatkan
> kinerja!!! Pantang nyerah!!!

bagus. Sekalian jangan lupa sertifikasi dan rajin bikin portofolio,
supaya bisa di-review prestasinya secara remote.

> 4. Bagi boss boss  IT outsorcing, inget pak  inget
> pak  langkah anda saat ini juga menentukan masa depan
> bangsa.

gimana kalo dipikirkan bagaimana Indonesia bisa jadi lahan tempat
pengerjaan outsourcing?

> 5. Bagi instansi/pemerintahan, pak .. pak  insyallah
> kita kita tenaga IT lokal mampu bersaing dan sejajar
> dengan tenaga IT dari luar kok!

Unfortunately, not on every level, tapi moga moga sebagian besar bisa.