AFAIK:

- Untuk BS yg sifatnya fisik (piringan cacat), jelas gak bisa
diperbaiki. Biasanya bagian ini di-skip dan tidak digunakan sbg
partisi
- Untuk BS yg belum terlalu parah, bisa dihilangkan dengan bantuan
software. Dulu sih masih ada low-level-format bawaan BIOS, atau juga
bisa pake disk manager. Biasanya tiap vendor hardisk menyediakan
utility ini. Atau yg paling baru ada software bernama HDD Regenerator
(silakan google).

Untuk tau posisi BS, teori yg pernah saya baca:
- Buat seluruh HD menjadi satu partisi
- Format partisi tsb. Pada bagian BS biasanya proses format akan
berjalan cukup lama. Catat pada posisi brapa % BS itu terjadi.
- Hitungan manual dari % tsb dengan kapasitas HD, bisa diketahui
perkiraan letak BS
- Buat partisi ulang. Partisi 1 sebelum posisi BS, partisi 2 disekitar
BS, partisi 3 setelah BS.
- Format partisi 1 dan 3. Jadi Anda dapat 2 partisi yg bisa digunakan.

Cara itu cuma bisa untuk BS yg terlokalisasi di satu tempat. Kalo
BS-nya banyak, dah gitu nyebar dimana2.. ya mending buang aja
hardisknya :P

Regards
Setyo