From: syalia syalia <[EMAIL PROTECTED]>
> hallo kawan2 sekalian..
> tengkyu atas respondnya,...mungkin emang saya aja yang gak mudeng...
> gini aja deh...nelpone dari pc lewat jaringan bisa gak yah.....
> kalau bisa gimana yah...
> trus kalau pakai modem sendiri  pakai software selain skype ada gak
yah,...(kalau boleh sih yang gratis aja dulu,...cuma mau test).
> menurut imajinasi saya sih gini...
> computernya hanya sebagai sarana  penganti telephone itu sendiri(telephone
biasa,.yang ada gagangnya ada nomornya),.
> jadi dicomputer saya tinggal buka programnya,trus ngedial
deh,....(dicomputer sudah ada modem,line telephone)...

Jadi line dari telpon nancap di konektornya modem, terus kalau mau kontak
teman kita di tempat lain yang terhubung pake LAN (yg telponnya juga nancap
ke modem) kita tinggal tekan nomor kayak phone dialer. Setelah kita dial
nomor teman kita (yang tentu saja diubah ke alamat IP) maka telpon teman
kita yang PCnya punya alamat IP tsb langsung berdering (atau minimal PCnya
yang ngeluarin suara dering), begitu toh maksudnya?
Dijamin NGGA BISA! :)

Sebelum imajinasi anda jauh2 kayak gitu mending dicoba cara kayak gini,
tancapkan speaker dan mic ke soundcard, kemudian telepon ke modem. setelah
itu coba cari atau bikin program dimana ketika kita ngomong di handset
telpon, suara kita akan keluar di speakernya soundcard, dan jika kita
ngomong di micnya soundcard akan terdengar di handset telpon. kalau anda
berhasil berarti ada "setitik" harapan untuk mewujudkan imajinasi anda. btw,
agar bisa ter"conect" modem memerlukan tegangan triger sekitar 100VAC
(seperti dial-in pada modem PC server). Sampai sekarang saya belum nemukan
program untuk membuka hubungan modem tanpa perlu triger tegangan AC.

Tak kasih solusi yah: ngga' usah pake modem! tapi tetep pake soundcard.
sebelumnya cari dulu rangkaian interface dari soundcard ke handset di
google.
Dah jadi deh!:)

Semoga membantu.

nono