Hallo Andys,

dinsdag 11 januari 2005, 5:33:46, schreef u:

> Saya inginnya hasil scanner selain dalam format
> gambar, juga bisa dalam bentuk file text yang dapat
> diolah kembali (misalnya lewat word, dll.)

> Untuk tujuan tersebut, scanner apa yang cocok ya ?

kalau buat foto, itu butuhnya image yg hasil scanneran mau dipake buat
apa, desktop publishing? apa cuman "ya sudah lah, pokoknya sudah
discan"? Kalau buat ke arah pro, cari yg color depthnya 48bit, atau
higher, kalau bisa juga bisa negative scan / slide scan.

Buat olah ulang text, cari yang support OCR. Sisanya software.

Saya sendiri pakai Epson Perfection 1670. Softwarenya dari epson
sendiri, sedangkan buat OCR processingnya pake Omnipage 9.

--
Met vriendelijke groet,
M.E.B. Santoso                          mailto:[EMAIL PROTECTED]