Hi rekans,

Mail server Yahoo saat ngirim e-mail Yahoogroups ke mail server lain
ga memasukan domain name-nya dalam fields FROM dan TO di e-mail
header. Ini bikin kita ga bisa menggunakan Sender Filtering atau
Recipient Filtering di Exchange 2000 yang ngecek kedua fields ini.

Satu-satunya metode filtering yang tersisa di Exchange 2000 adalah
Connection Filtering, di sini kita mencegah mail server Yahoo
membangun koneksi SMTP dengan mail server kita.

Caranyanya, buka Exchange System Manager, dan buka properties dari
SMTP Virtual Server yang bertanggung jawab untuk koneksi ke Internet
(di server Front End kalo pake arsitektur FE-BE).

Klik tab Access, klik Connection, pilih "All except the list below",
klik Add. Pilih Domain, dan masukin domain name dari mail server
Yahoo yang bertugas ngirim e-mail Yahoogroups. Kalo gak salah server-
server ini punya domain name "bulk.scd.yahoo.com". Apply, dan jangan
lupa restart service SMTP dan MS Exchange Routing Engine.

*HATI-HATI*, masang Domain Connection Filtering ini berarti
mengaktifkan proses Reverse DNS Lookup di Exchange 2000. Jadi begitu
mail server Yahoo misalnya 66.94.237.20 coba bikin koneksi SMTP ke
Exchange 2000, si Exchange bakal nanya dulu "domain name si server
ini apa ya?" ke DNS servernya, yang kemudian bakal
dijawab "n12a.bulk.scd.yahoo.com". Ohh ternyata anak dari domain
name "bulk.scd.yahoo.com", ya terpaksa kudu ditolak.

Proses Reverse DNS Lookup ini bakal memperlambat kinerja Exchange
2000, jadi harap dipertimbangkan dulu dengan ngeliat kinerja
Exchange server anda saat ini.

Connection Filtering bisa make IP address juga hingga ga perlu
Reverse DNS Lookup, tapi lebih banyak kerja manual untuk mencatat IP
address semua mail server Yahoo dalam domain "bulk.scd.yahoo.com",
bisa cek di situs http://www.senderbase.org/search?
searchString=yahoo.com&searchBy=domain.

Cara lain adalah melakukan Content Filtering, yang sayangnya belum
kami sediakan sampai saat ini. Anda bisa pakai aplikasi Content
Filtering/Management dari 3rd party vendors yang kayaknya udah
dianjurkan rekan-rekan sebelumnya, di antaranya GFI Mail Essentials
(http://www.gfi.com/mes) atau bisa cek di situs partner Exchange
server:
http://www.microsoft.com/exchange/partners/mailutilities.asp
http://www.microsoft.com/exchange/partners/emailcontent.asp

*Hati-hati* juga dalam instalasi 3rd party apps ini, saya sering
nemu beberapa kasus di mana mereka nyetop mail flow di Exchange
server. Lebih baik kalau mereka punya deployment guide atau support
yang bisa dimintai pertanggungjawaban kalo terjadi yang aneh-aneh.

Solusi terakhir bisa membuat e-mail gateway server baru seperti yang
disarankan rekan Harnanto, jangan lupa untuk mempertimbangkan
perubahan konfigurasi di Exchange 2000 anda.

Semoga membantu,
Defianto P. Ilham

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Harnanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Coba mainkan di 'Relay Restriction'. Block IP address yang
> dipergunakan oleh yahoogroups.

http://www.microsoft.com/technet/prodtechnol/exchange/2000/deploy/frt
fytr2.mspx

> Alternatif lain supaya nggak perlu beli software tambahan untuk
> Exchange Server adalah sediakan satu buah server lagi yang berbasis
> UNIX/Linux dan difungsikan sebagai SMTP server. Lalu mainkan di
server
> tersebut. Jadi semua email harus lewat SMTP server yang baru
tersebut
> baru bisa masuk ke Exchange. Dengan demikian
sekaligus 'mengamankan'