Hi Nikki,

Ga papa nyimpan mailbox dalam Exchange 2000 mailbox store, yang
penting backup rutin, ga ada software backup ada NTBACKUP dari
Windows 2000/2003 yang integrated sama Exchange. Ga papa kalau mau
user bertanggung jawab langsung sama mailbox mereka pake cara bikin
PST file di kompie mereka, cuman jangan lupa maksimum size PST file
cuma 2 GB. Plus kalo udah mencapai 500 MB aja pasti udah banyak
problem dari mulai lambat buka, udah sampe 1 GB lebih pasti sering
jalanin scanpst.exe buat ngilangin korupsi dalam file.

Benar yang dibilang rekan Herawan, jangan jalanin Hard Repair dulu
(eseutil.exe /p), sebelum tau penyebab kenapa database ga bisa di-
mount. File eseutil.exe bisa kamu temu'in di folder Program
Files\exchsrvr\bin.

Berikut steps yang bisa kamu jalanin:

- Jalanin eseutil.exe /mh priv1.edb (nama mailbox store kamu), cek
result-nya apakah mailbox store kamu dalam keadaan "State: Clean
Shutdown" atau "State: Dirty Shutdown"

- Kalau "Dirty Shutdown" mendingan, karena berarti database emang ga
konsisten dan kudu dibikin konsisten dulu sebelum bisa di-mount.
Kalau "Clean Shutdown" berarti ada sebab-sebab lain yang bikin
database ga bisa di-mount, kudu troubleshooting lebih lanjut.

- Kalau kamu gak pernah menghapus transaction log files (E00.log,
E0000001.log dst), bagus sekali. Cek apakah log files lengkap
urutannya, dari E00.log, sampe E000000X.log tertinggi ke terendah
(E0000020.log - E0000011.log) misalnya tanpa ada file yang hilang.

- Jalanin eseutil.exe /mk E00.chk (nama checkpoint file kamu di
folder yang sama dng mailbox store mis: MDBDATA), cek log files yang
kamu perlu'in. Ini log files yang bakal di-replay buat bikin mailbox
store kamu konsisten lagi. Misalnya E0000017.log - E0000020.log.
Pindahin log files sisanya ke folder lain.

- Mount mailbox store kamu. Exchange 2000 bakal ngejalanin Soft
Recovery, nge-replay log files yang ditunjuk di E00.chk dan bikin
mailbox store konsisten en bisa di-mount lagi.

- Kalo ga bisa di-mount, pindahin E00.chk ke folder lain, dan mount
mailbox store kamu lagi. Exchange 2000 bakal ngeliat file E00.chk
hilang, dan akibatnya ngejalanin *semua* log files di folder tsb.

Kalo Soft Recovery gagal, berarti database kamu corrupted, dan tanpa
backup berarti ga bisa jalanin Hard Recovery. Jalan terakhir adalah
ESEUTIL /P, tapi ada steps lain yang kamu musti laku'in setelahnya,
yaitu ESEUTIL /D dan ISINTEG -TESTS ALLTESTS -FIX. Bisa reply ke e-
mail saya atau via japri kalo perlu bantuan lagi.

Semoga membantu,

Defianto P. Ilham

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Herawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> jangan diletakkan di Exchange Server, tapi create personal folder
baru (pst)
> dan letakkan boleh di server yg sama atau PC user dll. Hal ini
untuk
> menghindari hal2 yg tsb dibawah. Dan buat backup Exchange pun gak
berat,
> hanya system+folder Exchangenya saja. Sewaktu2 Exchange rusak,
kita tinggal
> install atau restore ulang Exchange dan setting menggunakan
> mailbox user di storage lain.
>
> Untuk survival guidenya sekarang: JANGAN delete log filenya.
backup seluruh