On Tue, 1 Feb 2005 11:10:15 +0700, Indra Tanuwijaya
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Di kantor saya sudah menggunakan LAN sederhana (server jangkrik,
> switch 3Com, UTP cat5, dan komputer user) dan antivirus yg centralize,
> namanya Kaspersky Antivirus.
> Saya sudah menggunakan 1 PC jangkrik Pentium 3 sebagai server
> Kaspersky Antivirus dan komputer user menggunakan antivirus client.
> Kaspersky ini juga bisa mengontrol anti-virus client lewat LAN. Jadi
> saya hanya melakukan update ke server aja secara teratur sedangkan
> clients otomatis update dari server per 30 menit setiap harinya dan
> scanning data user secara keseluruhan setiap hari jumat jam 12 siang.

> [...]

Sebenarnya sudah saya jawab, tapi mungkin kurang jelas ya.

Pertama, untuk masalah virus yang menyebar melalui jaringan adalah
karena anda cuma menggunakan paradigma lama untuk network security.
Yaitu bahwa yang perlu diamankan adalah 'outside world' atau internet.
Paradigma tersebut tidaklah cukup karena sebenarnya ancaman bisa
datang dari dalam juga. Contoh gampangnya adalah kasus Blaster dan
Sasser yang bisa melumpuhkan tanpa melalui router karena yang diserang
adalah komputer pada jaringan yang satu kelas (tidak perlu
routing=tidak lewat router). Oleh karena itu MUTLAK harus ada firewall
dimasing-masing komputer.

Untuk masalah ini antivirus rekomendasi saya adalah TrendMicro OfficeScan
Corporate versi yang paling baru (download dari
http://www.trendmicro.com). Dari web manajemennya kita bisa mengatur
jika sedang ada penyebaran/serangan virus dari salah satu komputer
maka semua komputer klien yang sudah menginstall OfficeScan client
kita aktifkan port blocking (bisa diset port berapa saja yang perlu
ditutup) dan mematikan sementara fasilitas sharing antar komputer jika
perlu. Dengan kata lain, ini adalah fungsi firewall di komputer klien
yang saya maksudkan.

Sedangkan masalah virus dari disket saya kira juga sudah terjawab
menggunakan antivirus yang sama.

Sedangkan untuk yang penyebarannya melalui email. Seperti yang juga
sudah saya sampaikan adalah anda harus melakukan pembatasan di
firewall internet/gateway agar komputer user tidak boleh kirim email
langsung ke internet tapi harus melalui SMTP server yang sudah anda
sediakan. Dan tentunya di SMTP server tersebut harus anda integrasikan
dengan antivirus. Kalau mau bagus kebetulan saya rekomendasikan lagi
produk dari TrendMicro yaitu Interscan yang bisa diintegrasikan
langsung di Linux server + Sendmail misalnya.

Selain itu, sebagai pelengkap sistem pengiriman email melalui SMTP
tersebut juga perlu diubah menjadi POP first before SMTP. Jadi user
harus cek email dulu (POP3) baru bisa menggunakan SMTP untuk kirim
email.

Mungkin belum-belum sudah terbayang kerumitannya ya untuk masalah
sistem email ini ?. Kalau nggak mau rumit pakai saja mailserver Merak
(http://www.icewarp.com) yang windows based, harganya relatif murah
dan transparant (ada di websitenya), performance handal, fitur seabrek
(termasuk POP first before SMTP) dan ada option untuk integrasi dengan
beberapa antivirus.

Semoga jadi jelas sekarang dan masalah anda cepat terselesaikan.