Solusi bapak sudah tepat yaitu pemasangan firewall dan antivirus. Bila
solusi firewall masih masuk juga, pasang IDS (Intrussion Detection
System), atau gunakan 2 firewall dari merk yang berbeda, jadi
ketembus, yang lainnya di harapkan tidak.

Dalam aktifitas virus akan terjadi broadcasting, untuk mengurangi
kegiatan broadcasting bisa di lakukan segmentasi jaringan atau
penggunaan VLAN.

Anti virus juga bisa dilakukan dengan updating otomatis setelah proses booting.

Ivan Sudirman