Rekan Milis ITCENTER,

Setelah saya berdiskusi dengan Mas Wicak dan Mbak Ketut (keduanya
rekan jurnalis dari detikcom), maka tim detikinet.com ingin mengundang

rekan-rekan yang bergelut di bidang TI untuk menulis artikel (kolom)
di detikinet.com.

Silakan kirimkan artikel rekan-rekan ke [EMAIL PROTECTED] /
detikinet[at]yahoo.com

Tetapi mohon maaf sebelumnya, karena saat ini detikinet.com belum
memiliki kebijakan untuk memberikan kompensasi (fee) tertentu kepada

rekan yang ingin menulis untuk dimuat oleh detikinet.com.

Jadi untuk sementara, mohon undangan ini dianggap sebagai salah satu
upaya detikinet.com untuk menambah jalur dan media komunikasi

alternatif guna menjembatani kompetensi rekan-rekan dengan masyarakat
umum, khususnya sidang pembaca detikinet.com. Selain itu, tentu saja

kesempatan ini juga bisa menjadi semacam "intelectual exercise" bagi
kita semua.

Ajakan ini terbuka seluas-luasnya bagi siapapun yang ingin menulis
artikel berbentuk opini ataupun hasil penelitian yang terkait dengan
perkembangan TI di Indonesia ataupun global.

Menurut rencana, artikel dari rekan-rekan tersebut akan ditempatkan
dalam "Kolom Telematika" yang ditetapkan seminggu sekali pada hari
Rabu (durasi maupun hari dapat berubah, disesuaikan dengan situasi dan
kondisi).

Jenis artikel yang diharapkan tentu saja yang bersifat obyektif,
berkaitan dengan TI (baik dari aspek teknis, pendidikan, sosial maupun
bisnis), serta mudah dipahami oleh khalayak umum. Artikel tersebut pun
bisa merupakan tanggapan, bantahan, ataupun pelengkap atas berita yang
pernah dimuat oleh detikinet.com ataupun atas artikel pihak lain.

Artikel yang tendensius, cenderung membabi-buta menyerang pihak
tertentu, pemahaman dan analisa permasalahan sangat dangkal, ataupun
jauh dari problematika dunia TI, dengan berat hati tentunya tidak akan
dapat dimuat oleh detikinet.com.

Bagi yang hobi menulis dan/atau ingin mengeluarkan idenya melalui
tulisan, dapat memanfaatkan kesempatan ini. Tentunya artikel yang
masuk akan kami seleksi terlebih dahulu. Jika tema dan konten sudah
ok, akan dinaikkan dengan metode first-in-first-out (fifo). kalau tema
ok tetapi dari teknik penulisan belum sempurna (perlu edit minor),
maka akan diperbaiki dahulu oleh tim detikinet.

Tetapi kalau tema belum ok, ataupun teknik penulisan dirasa masih
sangat sulit untuk diperbaiki oleh tim detikinet (perlu edit mayor),
maka artikel tersebut akan dikembalikan dengan ada beberapa
catatan-catatan bagi penulis.

Sekedar contoh tulisan artikel sederhana untuk  "Kolom Telematika" ==>

Kolom Telematika

30 Juta Pengguna Selular, Data Bodong?

(http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/02/tgl
/02/time/182531/idnews/286247/idkanal/110)

Kolom Telematika

Tragedi Telkom Speedy

(http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/02/tgl
/06/time/134947/idnews/286236/idkanal/110)

Saya yakin rekan-rekan akan sanggup menulis lebih baik dan lebih dalam
tentang berbagai hal yang memang rekan-rekan berkompeten di bidangnya.

Jika rekan-rekan memiliki artikel di yang disimpan di blog, silakan
saja artikel tersebut diperbaharui, dilengkapi dan diperbaiki
tata-bahasanya, kemudian dikirim ke detikinet.com. Jangan
"mentah-mentah" apa yang ada di blog lalu dikirim. Karena baik sifat
media, tuntutan tema, konten maupun teknik penulisannya berbeda.

Untuk mensiasati menulis di detikinet.com, yang terkadang memang masa
tayangnya cuma sebentar (2-3 hari), silakan saja tulisan yang nanti
sudah dimuat, dapat rekan-rekan arsipkan sendiri di blog atau media
lain. Ini yang saya lakukan dengan tulisan-tulisan saya (dan tim ICT
Watch lainnya) di www.ictwatch.com/paper

Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan. e-Mail
ini dipersilakan untuk diforward ke e-mail / milis lain. Selamat
menulis :)

Untuk sementara, pertanyaan ataupun artikel dapat dikirimkan melalui
e-mail [EMAIL PROTECTED] / detikinet[at]yahoo.com (agar space-nya
cukup leluasa, 250 MB).

nb:

Mari kita budayakan menulis! Aku Menulis maka Aku Ada! Jika buku
adalah jendela dunia, dan membaca adalah menjelajahi duni, maka
menulis adalah menciptakan dunia!

-dbu-