4D3 bilang (tanggal 08/02/2005 12:59):

> Kenapa ya.. sekarang susah sekali download Mp3 di Kazaa, sdh hampir
> 10 x dl mp3 hasilnya kosong alias tdk ada suaranya, apakah ada
> diantara temen-2 yg mengalami hal serupa. Trus saya ingin coba pake
> bittorent saya sudah install bittorent nya trus bgm cara
> ngedownloadnya...khususnya MP3
>
> Rgds MD

Apakah sebelumnya sudah Anda periksa ukuran file yang akan didownload?
Ukuran sebuah file musik berformat mp3 dengan bitrate 128kbps dan
sample-rate 44100Hz biasanya sekitar 3MB (tergantung durasi musiknya.
bisa kurang, bisa juga lebih).

Untuk alternatif software P2P, selain LimeWire (yang sayangnya sangat
terbatas untuk versi free) saya sarankan menggunakan Shareaza
(www.shareaza.com), atau e-Donkey (silakan tanya google untuk yang satu
ini).

Mengenai BitTorrent. Cara kerjanya agak berbeda. Untuk mendownload
dengan bittorrent, Anda harus mendapatkan file torrent terlebih dahulu.
Kalimatnya membingungkan ya? :) Contohnya kira-kira begini:

Saya mempunyai file lagu.mp3 yang akan saya sediakan untuk dapat
didownload dengan bittorrent. Maka saya akan membuat file torrent
(dengan software yang telah disediakan dalam paket BitTorrent) untuk
lagu.mp3, misalnya lagu.mp3.torrent. Agar user A dapat mendownload file
lagu.mp3 dari server saya, user A harus mendapatkan terlebih dahulu file
lagu.mp3.torrent. Caranya bisa macam-macam, saya kirim lewat email, saya
simpan di halaman web, dll. Setelah mendapatkan file lagu.mp3.torrent,
yang harus dilakukan user A hanyalah membuka file torrent tersebut
dengan BitTorrent client yang dia miliki, dan proses download pun
berjalan. Bila kemudian ada user lain (user B) yang juga melakukan
download dengan file torrent yang sama, maka user B akan mendapatkan dua
sumber file, dari server saya dan juga dari user A (sekalipun
downloadnya belum selesai). Begitu juga dengan user A, akan mendapatkan
sumber file baru dari user B, tentunya bila user B telah mendownload
segmen yang belum terdownload oleh user A. Semakin banyak user yang
mendownload dengan file torrent yang sama, semakin banyak juga sumber
file bagi masing-masing user.

Silakan cari informasi lebih lanjut di bitconjurer.com (situsnya
BitTorrent). Di sana Anda akan menemukan istilah-istilah peer, seed,
super-seed, dll.

Semoga ocehan saya sedikit memberikan gambaran :)

:: r e n o ::