Pak Sapto,

Banyak penyebab yang bisa bikin services Exchange tidak bisa start.
Pertama kami perlu tau versi Exchange yang anda gunakan, apakah 2000
atau 2003 (asumsi bukan 5.5 mengingat ada service MTA Stacks, bukan
MTA saja)?

Coba bapak start Exchange System Attendant lagi secara manual,
kemudian kalau gagal coba masuk ke Event Viewer - Application Log.
Akan ada error yang dicatat di situ, sourcenya bisa dari
MSExchangeSA atau komponen Exchange yang tergantung pada
MSExchangeSA, misalnya MSExchangeDSAccess. Catat event id dan error
descriptionnya, dari situ troubleshooting bisa dimulai.

Best Regards,
Defianto P. Ilham

--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Sapto Prabowo G" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Ada yg pernah mengalami maibox Store Crash & bagaimana cara
> menangulangi,
>
> Jika saya cek di Service ada beberapa Service Exchange yg tdk
Start :