From: ITCENTER@yahoogroups.com
Date: 02 Maret 2005 21:02:00
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: [ITCENTER] HELP! Compaq alergi Windows?!!

Hi milisers!

Saya punya masalah sama Compaq Deskpro, Pentium III, RAM 256MB, Award BIOS.
Cerita awalnya tuh Compaq tiap kali booting selalu muncul error "CMOS
checksum error - defaults loaded" Trus ada pilihan F1 / F10. Saya coba ganti
batere CMOS-nya tetep aja masalah itu muncul. Cari2 s/w flushing Award BIOS
dapet beberapa, tapi tidak satu pun yang dapat mengatasi masalah itu.
Akhirnya iseng-iseng saya install Mandrake Linux 9.1 (Bamboo). Ajaib!
Masalah CMOS langsung lenyap...

Udah seneng booting bisa normal lagi, saya ingin menginstall Windows XP lagi
 Setelah CD booting dari CD instalasi WinXP dan pilihan install saya enter,
eh... bukannya nginstall WinXP, tuh Compaq malah ribut (Reboot) !>_<! Udah
coba gonta-ganti CD instalasi dari yang OEM sampe yang "GPL", dari WinXP
sampe Win98 tetep aja gak mau.

Trus saya coba install WinXP dari Compaq laen yang identik trus HDD-nya saya
pasang di Compaq yang bermasalah. Windows bisa startup... tapi pas muncul
halaman login tuh Compaq langsung restart lagi... Saya udah coba ganti
memori n tukeran BIOS ama Compaq yang laen tetep aja...

Ya udah, akhirnya saya coba install Mandrake lagi, lancar-lancar aja sampe
sekarang... Well, kira-kira masalahnya di mana ya? Soalnya k-lo pake Linux
di kantor jadi kurang bisa digunakan karena sebagian besar program yang
digunakan u/ kerjaan Windows based.

Terima kasih atas perhatian dan respon dari rekan-rekan milis semua.

Salam,

ARDIANSYAH