Ini aku kutip dari jawapos.co.id, kita perlu berhati-hati beli Flash disk.

Regards,
Martin B.
081316238022
[EMAIL PROTECTED]

Selasa, 15 Feb 2005,
Awas, Flash Disk Remarked!

Persaingan USB (Universal Serial Bus) flash disk di pasar komputer mulai
cenderung "kasar". Ini ditandai dengan masuknya berbagai merek flash disk
remarked yang dijual dengan harga miring. Masalahnya, banyak dealer atau
penjual yang tidak tahu menahu apakah flash disk yang mereka jual asli atau
palsu.

Remarking atau penandaan ulang pada flash disk biasa dilakukan pada
kapasitas penyimpanan data. Misalnya, flash disk dengan kapasitas 128 MB
di-remark menjadi 256 MB. Sehingga, harga jualnya menjadi sangat murah
dibandingkan flash disk yang ber-chipset asli 256 MB.

Praktik remarking ini sangat rapi dan sulit dibuktikan. Karena, flash disk
biasa dikemas sangat rapat. Selain itu, pada flash disk remarked tersebut
ditambahkan bug pada chipset. Sehingga bila disambungkan pada komputer, yang
terbaca adalah kapasitas yang telah di-remark.

Ketika flash disk remarked difungsikan, pengguna takkan merasakan perbedaan.
Bahkan setelah diformat, kapasitas yang terbaca di komputer adalah hasil
remarking. Tetapi, bila flash disk diisi data melebihi 60 hingga 70 persen
dari total kapasitas, mulai ada masalah. Misalnya, flash disk penuh, hang,
data tiba-tiba hilang, dan yang terparah, flash disk tak dapat dikenali oleh
komputer.

Nah, agar terhindar dari flash disk remarked, ada beberapa cara yang bisa
dilakukan. Pertama, jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dan casing
yang menarik. Kedua, pastikan flash disk yang dibeli memberi garansi cukup
lama, minimal tiga tahun. Dan pastikan penjual memberi garansi penggantian
bila flash disk yang sudah dibeli terbukti telah di-remark. (jog)