At 18:36 06/04/2005, you wrote:
>1.aku harus pakai merk dan type apa ya..
>karena jaringan melewati 2 gedung berjejer,jarak dari
>gedung 1 ke gedung 4 200 meter-an, gedung 1&4 tinggi
>6M, gedung 2&3 12M.

itu gedung 2-3 punya siapa ? klo masih kekuasaan kantor, kayaknya mendingan
pake UTP ajah :)
klo dari gd 1 - 4 200 meter jadi dari gedung 1-2-3-4 bisa (+/-) 50 M
lebh irit dan mudah :)
tapi jika g 2-3 itu punya orang lain, strateginya di salah satu gedung (ex.
gd1) di pasang tower yg melebihi tinggi gedung 2 atau 3
sepertinya cukup 2 stack pasang antena omni ato grid , di gedung 2 pasang
antena grid parabolic, dan di arahkan ke atas

karena jaraknya gak terlalu jauh, bisa pakai seri linksys WPA11 atau Dlink
AP2000+
kalau mau powernya lumayan besar SENAO seri 2631CB3 ini di pakai jika
banyak noise di sekitar gedung :)

>2. komputer berada di gedung 1(10PC) dan gedung 2(10PC)
>3. ke 20PC tersebut hanya melakukan transfer data saja.

yang pasti syaratnya, wireless itu puya option BRIDGE, gak semua wireless
punya option ini :)

>4. berhubung waktu terbatas dan butuh cepat
>penginstalan (minggu ini)& dan pembelian jadi nggk
>sempat cari-cari :)

yg saya tau sih di www.bhineka.com atau www.uc98.com (disini lumayan
lengkap dan murah :)*
untuk cara pemasangannya, mudah sekali kok, beberapa manual wireless yg
saya baca sih cukup lengkap

>Best regard,
>Agus wareng

## Jobs: ITCENTER.or.id/jobs ## Bursa: ITCENTER.or.id/bursa ##