Dari Pengalaman kami,
memang ada beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan
untuk beralih ke Toner Remanufacture atau Refill.
kalo dari segi Kualitas, Jelas Toner ASLI lebih bagus
dari Refill atau Remanufacture.
beberapa hal yg perlu dilihat;
Toner ASLI bisa disimpan setahun lebih sebelum
digunakan.
Toner Refill atau isi ulang, paling banter 2-3 bln,
sesudahnaya itu kualitas menurun drastis, seperti
Tinta cepat kering atau bocor.
(walaupun ASLI juga kadang ada yang bocor, tapi
relatif jumlahnya lebih sedikit dari pada Refill)

Toner Refill/Remanufacture harganya bisa dibawah 50%
dari harga ASLI.

pada waktu kita beli yg remanufacture, kita juga tidak
tahu sudah berapa kali di "isi ulang" sebelumnya.
karena dari Umur Drum atau Roller, tidak akan diganti
bila tidak rusak.
setahu saya sih HP, tidak pernah merekomendasi untuk
menggunakan Isi Ulang atau Remanufaktur... (dari segi
bisnis, ntar jualannya HP nggak laku donk)

beberapa tips;
1.Bila pada waktu mencetak terjadi macet kertasnya
(Paper Jam) buka /keluarkan kertas dengan hati-hati,
karena kalo ditarik dgn kasar dapat merusak Roller.
2. Bila menggunakan kertas bekas, pastikan tidak
di-staples atau ada Paperclip, (krn dapat merusak
Roller juga)

Kalo perlu Toner Remanufacture/Refill japri aja...
info juga konsumsi perbulan
berapa banyak Printer, serta merk dan typenya.

Salam

Yohanes

--- Bambang Iswahyudi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Rekan2x.
>

> Tolong dong sharing pengalaman rekan2x sekalian ttg
> Penggunaan cartridge
> toner remanufaktur tsb pada printer LJ HP
>

> Apakah toner tsb di rekomended oleh HP?
>
> Bagaimana juga dg hasil print out nya.dan dampak
> negative pada printer lj HP
>

> Soalnya harganya cukup murah.
>

> salam

## Jobs: ITCENTER.or.id/jobs ## Bursa: ITCENTER.or.id/bursa ##