At 18:01 +0700 4/20/05, Nurul Hidayati wrote:
>Dear All,
>
>Dulu santer saya dengar bahwa untuk mengirim email dengan ama, maka
>kita harus encript itu email. Nah selentingan saya dengar katanya bisa
>pake PGP atau Verysign. Nah yang ga saya ngerti si PGP atau verysign
>itu ngasih layanan apa ya?
>
>Apa freeware untuk encrypt atau apa harus bayar???
>
>Terus kalau saya encrypt, apa ada jaminan file yang samapi ke client
>tidak acak-acakan. BTW saya pake MS Outlook dan Mozzila Thunderbird.

saya tidah tahu apa itu layanan verisign, tapi rasanya dia itu bukan
enkripsi, melainkan metode sertifikasi untuk meyakinkan bahwa itu
benar mail yang dikirimkan oleh si A misalnya.

PGP itu pretty good privacy, menggunakan teknik enkripsi asimetris.
anda bisa google pgp, atau langsung ke pgpi.com. di sana anda bisa
ambil program PGP versi internasional untuk windows-nya. untuk
thunderbird, emangnya nggak ada plugin GPG? GPG itu versi opensource
yang cara kerjanya mirip PGP.

PGP/GPG bisa digunakan untuk:
- digital signature, jadi mail dikirim dalam bentuk plain text dan
ditambahkan signature PGP/GPG untuk menjamin bahwa isi plain text
tidak ada yang mengubah di tengah jalan.
- enkripsi teks ke satu atau lebih penerima mail.

harap diingat bahwa dengan menggunakan enkripsi PGP/GPG justru akan
menandakan bahwa ada "sesuatu" dalam mail anda yang anda tidak ingin
orang lain tahu. kalau anda hanya ingin mengirimkan teks rahasia
tanpa menimbulkan kecurigaan orang lain, anda bisa pelajari apa itu
steganografi.

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id

## Jobs: ITCENTER.or.id/jobs ## Bursa: ITCENTER.or.id/bursa ##