Rekan-rekan pakar network, saya mohon saran nih

saya ingin gabungkan 3 gd dengan wireless/leased line
gd A iplocalnya 192.168.1.1 sbg kantor utama
gd B iplocalnya 192.168.2.1 sbg kantor cabang
gd c iplocalnya 192.168.3.1 sbg kantor cabang.

kalau dengan skema semua pointing diarahkan dan router di set di kantor
pusat rasanya bisa selesai.
kantor B ---------kantor A ---------- kantor C.

katakanlah dengan pointing bagus koneksi antar cabang 1 Mbps dengan
menggunakan wireless.
1. Apa dengan skema diatas ini saya masih mendapat koneksi 1 Mbps koneksi
antar cabang ? (misal copy/ftp/intranet/remote dll)

Sekarang kalau ingin menerapkan b/w management di ktr A,
(yang punya b/w hanya dari kantor A), saya ingin membaginya ke kantor
cabang(B/C), saya ingin menggunakan "mikrotik/clarckconnet" dimana saya
musti taruh mesinnya ?
Misal b/w yang saya dapat dari isp 256 kbps,
128 buat kantor A
64 ktr B
64 ktr C

2. apa betul skemanya begini (mikrotik dan switch berada di ktr A)?

isp ---------mikrotik/clarconnect

                     switch
                     |  |  |
                     |  |  |
        |-----------  |  ---------------|
      64kbps    128 kbps              64 kpbs
      ktr B            ktr A           ktr C

3. Apa dengan skema diatas ini saya masih mendapat koneksi 1 Mbps koneksi
antar cabang ? (misal copy/ftp/intranet/remote dll).

-------------
Lalu, kalau skema diatas betul.

bagaimana membagi b/w koneksi antar ktr cbg/pusat yang 1 Mbps tadi. (bukan
koneksi internet).
yang saya maksud begini, koneksi 1mbps dari kantor A ke ktr B saya mau bagi
512 kbps buat data, 512 VOIP.
Juga demikian yang dari kantor A ke kantor C, saya mau bagi.
768 kbps kbps buat data, 256 kbps VOIP.

4. Lalu apakah saya harus menambah mesin (mikrotik/clarckconnect) lagi ?,
5. dimana saya tempatkan mesin tsb ?,
6. dan gambar skemanya bagaimana ?

Mohon penjelasannya 6 pertanyaan saya, saya sangat berterima kasih sekali
atas share ilmunya.

salam,
Bambang

## Jobs: ITCENTER.or.id/jobs ## Bursa: ITCENTER.or.id/bursa ##