Dari diskusi masalah migrasi Linux ini banyak dari rekan-rekan yang
merekomendasikan Suses 9.1 karena sifatnya yang cukup user friendly.
Saya juga pernah mencicipi distro ini dan memang bener-bener enak
interfacenya namun spec hardwarenya cukup tinggi juga menurut saya
soalnya loading dari PC saya cukup lambat (P3 900 Mhz dg RAM 128).

Namun yang cukup menggelitik pemahaman saya adalah masalah lisensi dari
Suses 9.1 ini, kalok Suse 9.1 Personal kalok saya baca memang di
lisensinya GPL namun banyak aplikasi yang kurang di versi Personal
sedangkan untuk yang versi Profesional sepertinya non GPL api fiturnya
cukup lengkap. Banyak website yg menjual cd Suse 9.1 Profesioanl salah
satunya di Indonesia juga ada, yang jadi pertanyaan saya bagaimana
lisensi mereka yang menjual cd-cd itu? Soalnya sama aja boong pake linux
untuk menghindari lisensi MS yang mencekik leher dengan pake distro
linux yang comersil tanpa membeli secara benar.

-asf-